Berita Sepakbola Indonesia: Perjalanan PSM Makassar di Piala Indonesia 2019

Pertandingan Piala Indonesia 2018/2019 baru saja usai di bulan Agustus 2019 ini. Berikut beberapa berita sepakbola Indonesia yang menyoroti perjalanan PSM Makassar, yang keluar sebagai juara, selama pelaksanaan turnamen Piala Indonesia.

Perjalanan Dramatis dan Berliku PSM hingga Menjadi Juara Piala Indonesia

Berita sepakbola Indonesia, PSM Makassar berhasil menjadi juara Piala Indonesia 2018/2019 setelah melawan dan mengalahkan klub Persija Jakarta dengan skor hasil akhir agregat di ajang final 2-1. PSM Makassar merupakan klub sepakbola keempat yang berhasil menjadi juara di turnamen Piala Indonesia tersebut. Perjalanan PSM Makassar di ajang kompetisi yang baru diselenggarakan sebanyak tujuh kali tersebut dapat disebut cukup berliku dan juga dramatis.

Terdapat insiden yang mewarnai kemenangannya, yakni sempat terjadi pembatalan pertandingan yang rencananya akan dilaksanakan di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin pada tanggal 19 Juli 2018. Pembatalan tersebut terjadi sebagai akibat status lawannya, yakni Sidrap United yang tidak mengikuti Liga 3 Zona Sulawesi Selatan, sehingga gagal memenuhi syarat menjadi peserta ajang tanding Piala Indonesia, karena sebagai salah satu syaratnya adalah klub sepakbola tersebut adalah juga sebagai peserta Liga 1, atau Liga 2, atau Liga 3.

Maka dengan keuntungan bisa menghemat tenaga tanpa melakukan tanding, PSM Makassar pun bisa terus melaju dan lalu berhasil menyingkirkan Persiter Ternate melalui ajang adu penalti. Kemudian di tahapan berikutnya PSM melaju dengan mudah setelah unggul dengan skor kemenangan agregat 12-0 melawan Perseru Serui di tahap perdelapan final. Para pemain sepakbola Juku Eja berhasil menunjukkan kehebatannya sehingga mereka dapat meraih skor 9-0 di ajang tahap leg pertama.

Kemudian pada tahap selanjutnya, PSM Makassar dengan mulus berhasil menyingkirkan Bhayangkara FC dan juga Madura United. Insiden kedua terjadi pada saat leg kedua final yang seharusnya berlangsung pada tanggal 28 Juli 2019 namun menjadi tertunda dikarenakan alasan faktor keamanan, sehingga tandingnya baru dapat dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2019 lalu.

Urutan Jalur Tanding PSM Makassar

Berita sepakbola Indonesia, berikut ini adalah urutan pertandingan yang dilalui oleh sang pemenang.

Babak I: PSM Makassar vs Sidrap United, dibatalkan karena status lawan gugur tidak memenuhi syarat menjadi peserta Piala Indonesia.

Babak II: PSM Makassar vs Persiter Ternate, hasil imbang 3-3, lalu PSM Makassar menang adu penalti 3-2.

Babak 16 Besar: PSM Makassar vs Perseru Serui, menang secara agregat dengan skor 12-0.

Babak 8 Besar: PSM Makassar vs Bhayangkara FC, menang secara agregat dengan skor 4-4.

Semifinal: PSM Makassar vs Madura United, menang secara agregat dengan skorĀ  2-2, dan keunggulan skor gol pada saat laga tandang.

Final: PSM Makassar vs Persija Jakarta, menang agregat dengan total skor jumlah gol 2-1.

Pemain Terbaik Piala Indonesia

Berita sepakbola Indonesia, ibarat mendapat durian runtuh, selain berhasil menjadi juara Piala Indonesia, pemain PSM Makassar juga terpilih untuk menjadi pemain terbaik selama laga tanding di ajang Piala Indonesia 2018/2019 tersebut. Pemain sayap PSM Makassar, yakni Zulham Zamrun, berhasil terpilih menjadi pemain terbaik di ajang tanding turnamen Piala Indonesia 2018/2019. Zulham Zamrun berhasil mengalahkan sejumlah saingannya di nominasi pemain terbaik Piala Indonesia periode 2018/2019 tersebut.

Adapun pemain sepakbola yang lainnya yang menjadi saingan nominasinya itu ada nama-nama Ismed Sofyan, dan juga Riko Simanjuntak, serta Tony Sucipto, lalu juga Rasyid Bakrie, dan lain sebagainya. PSSI menetapkan mantan pemain Persib Bandung tersebut sebagai pemain terbaik karena ia secara konsisten menunjukkan kualitas permainannya selama ajang Piala Indonesia itu. Ia dinilai mempunyai teknik permainan yang berkualitas yang ditunjukkan di hampir seluruh pertandingan yang dijalani oleh PSM Makassar dan hanya satu kali saja sempat mendapatkan kartu kuning.

Selain meraih gelar sebagai pemain terbaik di ajang Piala Indonesia 2018/2019, Zulham Zamrun juga mendapat gelar sebagai topskorer atau pemain sepakbola pencetak gol paling banyak selama berlangsungnya ajang turnamen Piala Indonesia tersebut.

 

Untuk melihat berita sepakbola Indonesia terkini lainnya, kunjungi situs Bola Nusantara.

Leave a Comment