Berbagi Cerita untuk Menjadi Sesuatu yang Bisa Dikenang

“Collect moment, not things.”

Iki bro, monggo diwoco yo! Hehehe“, pesannya. – (Ini bro, silahkan dibaca ya! Hehehe)

Opo iku bro? Artikel opo iku?“, balasku. – (Apa itu bro? Artikel apa itu?)

Wocoen sek talah, engkok lak ngerti, karo sisan saran e“, kata dia – (Dibaca dulu dong, nanti kan tahu, sama sekalian sarannya)

Begitulah ketika salah satu teman saya di grup WhatsApp membagikan sebuah tautan yang berisi artikel dengan judul Lombok Bikin Kangen.

Ternyata teman saya tersebut memberikan artikel yang ia buat untuk kita baca yang berisi tentang perjalanannya touring ke Lombok menggunakan sepeda motor karena memang dia salah satu seorang Motovlogger Surabaya.

Saya pun membacanya secara seksama dan ternyata yang ia tulis merupakan sebuah pengalaman bagaimana ia dengan temannya menyusuri jalanan Pulau Jawa bagian Timur sampai dengan Pulau Lombok.

Informasi yang ia bagikan juga cukup mendalam, mulai dari dirinya berangkat dari Surabaya kemudian menyusul teman-temannya yang berada di kota Malang, lalu langsung tancap menuju Pulau Lombok dengan motor.

Hari demi hari ia tuliskan secara runtut tentang apa saja aktivitas mereka ketika itu, tak lupa disertakan foto-foto pendukung yang lebih menjelaskan artikel tersebut.

Saya pun lantas menanyakan langsung ke dia, 

Bro, senang gawe artikel?” – (Bro, senang buat artikel?)

Mek gawe iseng-iseng ae bro, sekalian kasih informasi aja“, tandasnya. – (Hanya untuk iseng-iseng bro, sekalian kasih informasi saja)

Coba o nulis nang Travelblog.id bro, isok gawe kenangan karo isok oleh hadiah engkok“, begitu kataku. – (Coba nulis di Travelblog.id bro, bisa dibuat kenangan sama bisa dapat hadiah nanti).

Oh yo ta? Yoopo carane iku Dir?“, kata dia tertarik. – (Oh iya ta? Bagaimana caranya itu Dir?)

Jadi begini,tak kenalin dulu biar nanti lebih paham. . .

Apa

Itu

Travelblog.id

Travelblog.id ini merupakan tempat atau wadah yang disediakan untuk membagikan cerita juga informasi dari traveller atau wisatawan kepada masyarakat.

Disini kalian tidak hanya bisa membagikan informasi tentang wisata jalan-jalan saja, kalian juga dapat memberikan informasi soal kuliner, tips dan info, belajar soal seni & budaya, maupun itenary perjalanan yang sudah kalian lakukan secara online dan gratis.

Wah, podo ae ambek aku gawe blog dewe koyok saiki Dir!“, pukasnya. – (Wah sama saja seperti aku buat blog sendiri seperti sekarang ini, Dir!)

Sebelum saya timpali, saya kasih penjelasan lagi.

Travelblog.id sudah ada pembaca setianya, jadi tulisan kalian bisa lebih tersebar ke banyak pembaca. Kalau blog sendiri mungkin masih sedikit pembacanya, kalau kalian tulis di Travelblog.id, artikel kalian akan bisa menyebar dengan cepat.

Selain itu, ini dulunya merupakan blog pribadi yang membahas sola wisata, tetapi di tahun 2018 dibuka untuk umum jadi semua bisa berbagi cerita tentang apapun seperti yang sudah saya tulis diatas.

Disini kalian tidak hanya bisa membagikan cerita dalam bentuk artikel saja, kalian bisa berbagi lewat video yang mana tentu semakin membuat orang tertarik untuk mendengar cerita perjalanan kalian.

Terus apalagi Dir?

Fitur

Utama

Travelblog.id

Sabar. . . .

Ini saya jelaskan fitur-fitur apa saja yang ada di Travelblog.id. Jadi, nanti kalian bisa explore lebih dalam :

1. Post Artikel

Di fitur ini kalian bisa membuat artikel-artikel yang keren. Misalnya kalau kalian seorang motovlogger yang suka keliling luar kota, kalian bisa menuliskan perjalanannya bagaimana mempersiapkan fisik dan kendaraan untuk touring, atau bagaimana itenary perjalan untuk touring

Kalian juga dapat memasukkan foto atau gambar pendukung agar orang yang membaca lebih tertarik dan bisa merasakan secara langsung. Bagaimanapun juga foto atau gambar merupakan elemen penting dalam sebuah pembuatan artikel.

Artikel ini dapat kalian kelompokkan dan tidak terikat. Misalnya kalian suka berwisata kuliner, kalian juga dapat menulis tentang tips dan info atau budaya kuliner di suatu daerah tertentu.

2. Video

Cocok untuk kalian yang menjadi motovlogger. Daripada hanya diunggah di YouTube, kalian bisa juga diunggah di Travelblog.id untuk mendapatkan traffic tambahan. Selain itu, juga dapat menambah poin yang nantinya bisa ditukar dengan hadiah khusus.

Kalau kalian tidak bisa menulis artikel yang baik, melalui video kalian tetap bisa membagikan pengalaman wisata. Bahkan mungkin, lebih enak lewat video karena bisa terkesan lebih nyata dan enak dinikmati.

Hadiah? Poin? 

Tenang dulu, ada pembahasan selanjutnya.

Video ini kalian unggah di YouTube kemudian kalian masukkan ke website Travelblog.id, jadi tidak mengunggah 2 kali yang bisa menyedot kuota data kalian.

3. Poin Reward

Inilah alasan kenapa saya merekomendasikan Travelblog.id kepada teman saya yang motvlogger itu. Tidak hanya membuat artikel saja, disini kalian juga akan mendapatkan poin yang mana nanti bisa dikumpulkan dan bisa memilih hadiah yang diinginkan sesuai poin yang sudah dikumpulkan. 

Hadiahnya ada ponsel terbaru, lho!

Lengkapnya kalau poin ini bentuk program loyalitas untuk kontributor Travelblog.id yang tentu saja sudah mempunyai akun di Travelblog.id. Pemilik akun ini mendapatkan poin dari artikel, foto, atau video yang sudah dipublikasikan setelah melalui tahap review terlebih dahulu.

Adapun poin yang didapatkan adalah sebagai berikut :

  • Penambahan Poin :
    • Artikel/Jurnal perjalanan yang berhasil dipublikasikan (+50 poin)
    • Artikel dalam bentuk video yang berhasil dipublikasikan (+40 poin)
  • Pelanggaran Poin :
    • Artikel/Jurnal perjalanan yang sudah dipublikasikan, namun ditarik kembali karena suatu pelanggaran (-50 poin)
    • Artikel video yang dipublikasikan, namun ditarik kembali karena suatu pelanggaran (-40 poin)

Jadi, semakin kalian banyak mempublikasikan artikel, tentu semakin banyak pula poin yang didapatkan. Masa poin ini adalah 1 tahun, dimana setiap tahun akan kembali ke 0 dan bisa hangus kalau akun kalian kena banned dari Travelblog.id

Penasaran sama hadiah yang bisa ditukar dengan poin?

Jalan-Jalan

di Beranda

Travelblog.id

Sebelum masuk kedalam review yang lebih mendalam, alangkah baiknya saya jabarkan dulu apa yang bisa dilakukan dan dilihat di halaman utama Travelblog.id karena semua berawal dari sini meskipun tidak sedikit yang langsung menuju ke halaman artikelnya.

- Menu yang Lengkap -

Ibarat rumah, menu adalah pintu. Membuka area yang sudah ditentukan oleh pemilik.

Menu di Travelblog.id bisa kalian ditemui bagian atas yang mana sudah tersusun dari :

Jalan-Jalan

Area untuk kumpulan artikel tentang jalan-jalan, entah itu review tempat wisata, report wisata, dan lokasi-lokasi wisata di Indonesia

Kuliner

Tentu saja artikel tentang lokasi makanan di Indonesia. Cita rasa Nusantara harus perlu dicoba semuanya.

Tips & Info

Disini kalian bisa menemukan berbagai macam tips dan informasi yang berguna untuk kalian coba ketika melakukan wisata. Sangat berguna.

Seni & Budaya

Artikel yang membahas tentang seni & budaya di Indonesia. Sangat bagus sebagai bahan bacaan agar tidak tergerus oleh zaman.

Lainnya

Isinya tentang infografis, gaya hidup, dan berita. Sayangnya untuk berita masih belum banyak artikel yang dipublikasikan.

Panduan

Sangat berguna ketika pengguna masih belum paham soal fitur-fitu dan tata cara yang ada di Travelblog.id.

- Adanya Artikel Pilihan -

Dibawah menu, kalian akan melihat slideshow yang bisa saja diisi dengan informasi-informasi penting dan terbaru dari Travelblog.id. Misalnya yang sekarang tentang lomba blog, maka dengan diposting di slideshow, pengunjung atau peserta yang ingin mengikuti lomba blog bisa menemukan informasi dengan mudah.

Dibawahnya lagi terdapat Featured Posts atau artikel andalan dengan pembahasan yang menarik. Tentu saja pembaca bisa langsung membaca artikel pilihan tanpa harus membuka kategori masing-masing.

- Artikel Terbaru dari Masing-Masing Kategori -

Kebawah lagi, disitu ada beberapa macam kategori dengan masing-masing kategori menampilkan artikel terbarunya.

Hal ini biasa dilakukan oleh media-media online untuk kemudahan pembaca dalam memilih topik yang diinginkan tanpa harus melalui menu.

Disampingnya terdapat tombol Sign In yang mana berfungsi kalau memiliki akun di Travelblog.id, dengan klik tombol tersebut, bisa langsung melakukan Sign In dan juga terdapat tampilan kontributor yang mana ditampilkan nama-nama kontributor yang sudah membuat artikel di Travelblog.id dengan diurutkan mulai dari yang paling sering membuat artikel.

- Informasi Tambahan yang Jelas -

Dibagian paling bawah, akan ada logo Travelblog.id dengan informasi tentang apa itu Travleblog.id. Informasi ini juga dilengkapi dengan kontak customer service atau support dari Travelblog.id. Ada juga media sosial yang tercantum membuat pembaca juga bisa menghubungi admin Travelblog.id lewat media sosial.

Paling bawah terdapat menu tambahan yang berguna untuk tata aturan dari sistem Travelblog.id. 

Cara Jadi

Kontributor

Travelblog.id

Nah, kalau kalian sudah tertarik bagaimana mengirimkan artikel di Travelblog.id atau menjadi kontributornya, kalian bisa langsung ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Login

Kalian bisa klik Sign In di Beranda Travelblog.id. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar disamping. Disini kalian bisa login dengan cepat menggunakan Google+ atau Facebook. Kalau ingin ribet, kalian bisa gunakan email.

2. Isi Biodata

Setelah login, kalian akan diberikan tampilan untuk mengisi biodata yang terdiri dari nama, email, nomor telepon, jenis kelamin, hingga tanggal lahir. Isi sesuai kepribadian masing-masing.

3. Tampilan Kontributor

Akhirnya, kalian sudah menjadi kontributor dari Travelblog.id. Disini kalian bisa jelajahi menu yang berada di sebelah kiri yang mana ada menu untuk membuat artikel. Kalian bisa edit juga profil masing-masing agar terlihat menarik. Nampak juga keterangan poin yang didapat.

4. Mulai Buat Artikel!

Nah, kalian bisa klik Buat Artikel di menu sebelah kiri layar. Isi semua ketentuan yang sudah diberikan mulai dari judul, ringkasan, hingga foto-foto penunjangnya. Hal ini juga sama kalau ingin membuat artikel video.

Ini

Kelebihan

Travelblog.id

Ketika kalian sudah membuat artikel dan sudah berhasil dipublikasikan, kalian akan mendapatkan poin. Itu keuntungan kita menjadi kontributor di Travelblog.id. Lantas, apa saja kelebihan travelblog.id bagi masyarakat umum?

  • Travelblog.id menyediakan informasi langsung dari pelaku wisata, tanpa perantara.
  • Kategori lebih beragam daripada website travel lainnya, seperti ada kategori Kuliner juga Seni & Budaya.
  • Wisata kekinian oke, wisata untuk melestarikan budaya juga boleh.
  • Masyarakat juga boleh untuk bercerita dengan bahasa dan sudut pandang sendiri.

Ini

Manfaat

Travelblog.id

  • Informasi yang disediakan lebih akurat
  • Bahasa juga lebih mudah untuk dimengerti, tidak terlalu baku untuk mengejar SEO
  • Semua bisa bercerita
  • Semua bisa mendapatkan hadiah
  • Informasi yang didapat tidak hanya wisata alam, ada kuliner, tips, dan wisata budaya

Saatnya

Review

Travelblog.id

Sebenarnya, website Travelblog.id sudah bisa dibilang keren dan oke punya. Namun, setelah saya jalan-jalan dan sedikit ulik-ulik, ada beberapa yang menjadi gajalan saya dan mungkin bisa diterima sebagai saran. Mohon maaf kalau di review ini ada kesalahan yang saya buat.

1. Warna

Dengan dominasi putih dan biru, tentu ini menjadi warna yang enak sekali untuk dipandang oleh mata manusia. Hal ini dikarenakan tampilan menjadi lebih bersih juga tidak terlalu mencolok mata.

Selain itu, ternyata warna biru ini menjadi warna paling disukai baik pria maupun wanita. Dan juga warna bisa melambangkan sebuah perasaan dalam jiwa pembuatnya. Seperti halnya pemaparan pada gambar berikut ini :

2. Masalah Loading Speed

Sepertinya website travelblog.id ini belum dioptimasi kecepatannya karena menurut GTMetrix, Pingdom Tools, ataupun Pagespeed Insight Google, nilai yang ditampilkan sangatlah rendah alias website ini lambat. 

Adapun beberapa komponen yang perlu dioptimasi lagi agar website ini menjadi lebih cepat dan tentu bisa berefek kepada SEOnya.

3. User Experience

Menurut saya, saya mudah untuk mengoperasikan fitur-fitur di Travelblog.id seperti menunya jelas, tata letak artikel juga tidak berantakan, tampilan artikelnnya juga rapi tidak ada iklan yang mengganggu.

Untuk pengoperasian di tampilan kontributor juga mudah, semua sudah jelas jadi tidak perlu butuh lama untuk menyesuaikan diri dan siap menjadi kontributor handal di Travelblog.id.

4. Masalah Recaptcha

Entah hanya di perangkat saya saja atau yang lain juga kena, karena sudah coba di laptop dan di ponsel hasilnya sama saja. Fungsi tulisan [recaptcha] di menu Contact atau Hubungi Kami ini untuk apa? Apakah memang sebelumnya ada fitur captcha?

5. Menu Halaman Kontributor

Saya ternyata tertipu dengan gambar menu yang ada tanda panah. Saya kira itu menu tambahan selain menu yang sebelah kiri, ternyata itu fungsinya untuk menyembunyikan menu yang sebelah kiri. Mungkin bisa diganti dengan logo (<<) saja.

6. Peringatan Simpan Artikel

Ini mungkin saran yang saya kira perlu dipertimbangkan. Saya coba untuk menulis sebuah artikel, sudah banyak yang saya tulis, dan misalnya tidak sengaja menutup browser maka jendela langsung menutup tanpa ada peringatan seperti “Apakah Anda benar ingin menutup jendela ini?“.

Selain itu, kalaupun tidak ada notifikasi peringatan tersebut, artikel yang sudah saya buat panjang-panjang tadi masuk kedalam Draft, tetapi nyatanya tidak masuk. Bisa kerja 2 kali.

7. Batasi Karakter Nomor HP

Baiknya untuk membatasi karakter maksimal mungkin 11 karakter saja dengan menggunakan “max length” atau apalah itu pada kotak No HP agar tidak terjadi seperti gambar disamping. Meskipun memang kemungkinan tersebut kecil.

8. Bisa Menggunakan Autoselected dan Ajax

Kalau saya sendiri melihatnya mungkin kebalik antara Kota dan Provinsi. Mungkin orang terbiasa ketika memilih Provinsi terlebih dahulu, maka kota-kota dalam provinsi tersebut akan muncul. Bisa menggunakan Autoselected dan Ajax.

Kalau seperti gambar takutnya ketika Redeem Poin menjadi hadiah yang dikirim, nanti hadiah tidak terkirim karena Provinsi dan Kota berbeda.

Dan

Inilah

Kesimpulannya

Untuk keseluruhan, Travelblog.id sudah sangat bagus dalam memfasilitasi masyarakat untuk menuangkan pengalaman mereka saat berwisata. Dari segi teknis seperti tampilan dan lainnya, tentu sang pemilik sudah memikirkannya matang-matang. Begitu juga soal SEOnya.

Dari segi visual, saya sebagai pembaca yang baru pertama membuka website ini sudah sangat nyaman karena memang sangat sederhana, tidak terlalu mencolok, tetapi tetap bisa mudah mendapatkan berbagai macam informasi.

***

Menulis cerita berdasarkan pengalaman adalah cara termudah untuk belajar mengenang masa lalu. Cerita tersebut akan terus bisa untuk dikenang, meskipun memori pikiran sudah perlahan menghilang. 

Perjalanan yang menarik tentu menjadi sebuah cerita yang menarik pula untuk diceritakan kembali bersama teman-teman, maupun keluarga.

Tidak ada kenangan yang abadi selain dibikin menjadi sebuah karya, dan apakah kamu mau mengubah kenangan yang ada di otakmu menjadi sebuah tulisan yang bisa dibagikan ke semua orang untuk buat kamu terus hidup?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter

3 thoughts on “Berbagi Cerita untuk Menjadi Sesuatu yang Bisa Dikenang”

  1. semakin banyak pengalaman semakin sukses ya kak.

    dulu saya juga pertama kali buat blog gak tau apa-apa ..

    tapi karena sudah agak lama jadi paham sedikit demi sedikit.. hehe

Leave a Comment

Share this: