Kontak Saya Paid Review | Content Placement | Digital Promotion.

Belanja Online Tanpa Harus Takut Tertipu

Punya pengalaman belanja online yang menyedihkan? Pernah ketipu ketika belanja online? Atau, pernah mendapatkan barangnya tidak sesuai gambar yang ada? Tenang, kalau yang terakhir sebenarnya Anda tidak sendiri. Saya juga pernah kok merasakannya, tetapi kalau 2 pertanyaan sebelumnya bersyukur tidak pernah, dan jangan sampai kejadian.

tips belanja online

Jadi, selama saya belanja online, saya masih terus menerapkan beberapa tips yang memang saya gunakan setiap saya ingin belanja online, baik di Instagram, ataupun ecommerce yang ada di Indonesia. Sebenarnya, untuk belanja online agar tidak tertipu itu gampang. Sangat gampang. Hanya memang perlu sedikit ketelitian dan sedikit sabar jangan langsung beli. Apalagi habis gini ada hari belanja online periode kedua di tanggal 12-12.

Tips yang pertama, usahakan belanja di ecommerce ternama seperti tokosidia, bukagalak, atau lazedap. Kalaupun memang barang yang diinginkan ada di Instagram, pastikan itu adalah akun yang aktif dan tidak palsu. Kan banyak sekarang akun-akun online shop palsu bertebaran dan siap memangsa siapa saja, khususnya kids zaman now yang mudah percaya.

Tips yang kedua, kalau kalian belanja di ecommerce seperti diatas, cari terlebih dahulu barang yang akan dicari, dan sort menurut penjualan. Jadi, diurutkan terlebih dahulu dari penjualan yang paling banyak atau toko mana yang paling banyak pembelinya. Di tokosidia misalnya, saya cari jam tangan pria, terus muncul hasil pencariannya, dan di kanan atas itu ada Urutkan pilih yang penjualan. Nanti diurutkan berdasarkan toko mana yang memang sudah banyak pembelinya. Banyak pembeli berarti memang terpercaya. Begitu juga untuk ecommerce lain seperti bukagalak dan lazedap.

Baca Juga :  Daftar Lengkap Jadwal Hari Libur dan Cuti Bersama 2017

Tips ketiga, meski sudah mendapatkan toko mana yang punya banyak pembeli, jangan buru-buru langsung beli. Baca terlebih dahulu ulasan yang masuk atau diskusi tentang produk kalau ada. Banyak yang beli, banyak pula yang memberikan ulasan. Untuk itu, perlu dicek terlebih dahulu, rata-rata ulasannya itu baik atau buruk. Atau banyak yang mengulas contohnya seperti barang yang datang tidak sesuai ekspetasi, atau produknya sedikit cacat, atau banyak lagi. Jadi, banyak pembeli bukan berarti barang yang dijual sudah sesuai keinginan.

Tips keempat, setelah sudah menemukan toko yang terpercaya dan ulasannya banyak positif, pastikan dulu kalau harganya kalau bisa ya lebih murah dari yang lain. Misal di tokosidia dengan di bukagalak dengan di lazedap. Bandingkan harga di ketiga ecommerce tersebut. Kalau di lazedap harga lebih murah dari di bukagalak tetapi ulasannya jelek, ya mending di bukagalak, toh bedanya tidak terlalu banyak.

Baca Juga :  Tips Berbelanja Koleksi Baju Lebaran Agar Tidak Menyesal

Tips terakhir, sebisa mungkin kalau belanja di toko online yang memang tidak menggunakan banyak pengguna untuk jualan seperti di Zalora. Kenapa? Karena Zalora ikut di Harbolnas 12-12. Banyak diskon lho !! Lepas dari itu, produk-produknya terjamin kualitasnya, dan tentu saja sangat-sangat mudah untuk dipercaya. Jadi kita gak perlu khawatir akan tertipu.

Itulah 5 tips yang sering saya gunakan ketika belanja online. Bagaimana kalau di Instagram? Saya masih ragu untuk belanja di Instagram. Tapi kadang juga pernah belanja disana dengan tips sebagai berikut :

  1. Pastikan membeli dari akun yang sudah di endorse oleh artis atau selebgram misal diendorse sama Ria Ricis, atau dramaojol.id, dan lain-lain. Karena mereka memiliki produk yang lumayan bagus. Endorse ke artis atau selebgram ternama tersebut memang bisa dibilang tidak murah.
  2. Jarang beli di Instagram karena memang seperti itu, kurang bisa dipercaya.
  3. Prasangka baik dan sabar aja kalau memang ditipu.

Leave a Reply