Belajar Ekonomi Syariah dengan Cara Kekinian di ISEF 2018

Dibalik sibuknya saya menganggur, 2 hari yang lalu saya mengunjungi sebuah acara di salah satu mall besar di pusat kota Surabaya, Grand City untuk memenuhi kebutuhan nafsu membuat konten agar blog saya terus ada isinya dan tidak seperti hati dan pundak saya yang sekarang ini masih saja sepi.

Saya dengan gagahnya datang ke Grand City mengendarai kendaraan yang biasa saja dan langsung parkir di lantai atas karena lantai bawah pasti tidak dapat parkir.  Setelah masuk kedalam mall, saya lantas langsung masuk ke toilet, dandan sebentar siapa tahu dapat jodoh di acara ini. Selesai itu, daripada kebingungan, saya bertanya kepada satpam tentang acara ini dan kemudian diarahkan ke convention hall tetapi lewat pintu yang lantai 2 karena semua pintu menuju convention hall sedang ditutup.

Tanpa menggombali satpam yang saya tanyai tadi, saya berjalan ke lantai 2 dan benar acaranya di lantai 2 dan di hall lantai 1. Dikarenakan saya masuk lewat dalam mall, maka saya tidak diperiksa di pos penjagaan masuk dan langsung menuju ke pusat informasi untuk mendapatkan informasi dimana jodoh saya tentang acara ini.

Saat masuk ke hall, saya langsung disambut dengan pembatas yang diisi dengan kaleidoskop acara keren ini dari tahun awal diselenggarakannya yaitu 2014 hingga sekarang 2018.

Acara berbasis syariah ini berlangsung dari tanggal 11 hingga 15 Desember 2018 yang mana nanti di penutupan ada Fatin Shidqia yang merupakan seorang penyanyi mudah penuh prestasi baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tentu, acara ini bukan acara biasa karena selain ada Fatin di bagian penutup, ada banyak sekali artis yang diundang, dan yang pasti bukan saya. Adapun contoh artis papan atas yang turut memeriahkan acara ini diantaranya adalah :

Kalian pasti tidak asing dengan artis-artis diatas, tapi kalau ada foto saya diatas tentu akan asing dengan kalian. Nah, setelah melihat kaleidoskop, saya berkeliling hingga sudut-sudut ruangan hall Grand City yang besarnya tidak lebih besar dari rasa harapku untuk bersanding dengannya di kursi pelaminan, hingga sampai pada akhirnya berhenti di salah satu booth yang menurut saya itu keren. Namanya booth Indonesian Islamic Art Museum yang letaknya ada di pojokan hall.

Booth ini terasa besar, tetapi bukan itu yang buat saya tertarik. Yang membuat saya tertarik adalah booth ini menampilkan sejarah-sejarah perkembangan Islam di Indonesia yang mana disitu ada tulisan yang sering saya baca dan hafalkan ketika saya SMP, seperti Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Mataram, dan Wali Songo. Beberapa menit disini rasanya seperti flashback ketika belajar ulangan sejarah Islam di Indonesia. 

Lanjut keliling lagi, saya sempat melirik produk-produk UMKM binaan dari Bank Indonesia yang kualitasnya tidak kalah bagus dengan produk yang bermerek nasional maupun internasional. Banyak sekali produk UMKM yang dipamerkan seperti minuman, pakaian, makanan, dan produk-produk yang tentu saja bisa bermanfaat dalam penggunaannya.

Saya berjalan-jalan lagi ternyata tidak hanya ada produk UMKM dari daerah-daerah yang dipamerkan, sisi pojok lain dari gedung ini juga ternyata ada pameran hasil karya dari berbagai macam pesantren di Jawa Timur mungkin. Ada pesantren Gontor, pesantren Tebu Ireng, dan masih banyak lagi. 

Berpindah tempat lagi, kita akan bertemu dengan booth-booth dari bank-bank syariah di Indonesia juga perusahaan-perusahaan ekonomi syariah lainnya.

Karena kita tahu kalau berkeliling itu memerlukan tenaga, maka panitia tidak lupa untuk menyediakan area kuliner di bagian belakang. Banyak sekali macam kuliner yang disediakan, mulai yang terkenal yaitu bebek sinjay hingga makanan-makanan tradisional yang tentu saja sangat menggugah selera setelah kita lelah berkeliling area pameran.

Puas hanya melihat kuliner yang ada, saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke salah satu booth yang sangat ramai oleh pengunjung, khususnya anak-anak muda. Ternyata itu adalah booth dari Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang mana KNKS ini anggotanya terdiri dari pemerintah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, juga dari Lembaga Penjamin Simpanan dan lembaga atau pihak penggiat ekonomi dan keuangan syariah.

Disini ramai ternyata boothnya ada berbagai macam permainan yang bisa digunakan secara gratis dan kalau kita berhasil memenangkan salah satu permainnya kita juga bisa mendapatkan souvenir gratis, lho. Permainanya tentu masih mengenai dunia keuangan di Indonesia, seperti tebak mata uang rupiah, tebak tokoh yang ada dalam uang rupiah, dan masih banyak lagi. Cukup keuangan saja yang menjadi permainan, hati wanita jangan.

Penasaran gak rek sama nama acaranya?

Jadi, nama acaranya adalah Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) atau Festival Ekonomi Syariah Indonesia (FESI) yang tahun ini merupakan tahun kelima diselenggarakan. Apa itu ISEF 2018? Yuk kita bedah.

Apa Itu ISEF 2018?

Seperti penjelasan atau kepanjangan yang sudah saya tulis diatas, ISEF atau FESI 2018 merupakan event tahunan dari Bank Indonesia yang mana bekerjasama dengan institusi lain dengan tujuan memperkuat dan melanjutkan komitmen dalam melakukan promosi sistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Acara EKSyar diselenggarakan secara rutin tahunan yang menggabungkan sektor keuangan dengan beberapa kegiatan lainnya yang nantinya akan dikelompokkan menjadi 2, Sharia Economic Forum dan Sharia Fair. Shari’a Economic Forum ini akan berlangsung dari tanggal 11 hingga 14 Desember 2018 yang diantaranya adalah kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti ada seminar, workshop, focus group discussion (FGD), dan International working group meeting dengan keterlibatan tokoh, pakar, serta praktisi di sektor ekonomi dan keuangan syariah baik nasional maupun internasional. 

Kalau yang Sharia Fair sendiri acaranya berlangsung dari tanggal 11 hingga 15 Desember 2018 dengan tujuan mendukung pelaksanaan strategi pembentukan yang bernama Halal Supply Chain dengan meliputi penguatan di sektor yaitu :

  • Pertanian Terintegrasi (Integrated Farming)
  • Industri Pengolahan (Halal Food and Fashion)
  • Energi Terbarukan (Renewable Energy)
  • Wisata Halal (Halal Tourism)

Visi dan Misi ISEF 2018

Visi :

Mainstreaming Islamic Economics & Finance into National & International Policy

Misi :

Indonesia Sebagai Pusat Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah Dunia

Jawa Timur sebagai regional ekonomi syariah terbesar di Indonesia

Tema-Tema ISEF

Adapun tema-tema ISEF yang sudah pernah diselenggarakan di tahun-tahun sebelumnya, mulai dari tahun 2104 hingga yang terakhir ini tahun 2018 yaitu “Strengthening National Economic Growth The Creation of Halal Value Chains & Innovative Vehicles” :

Dengan 3 pilar utama yaitu :

Memperkuat pondasi sektor usaha syariah pada pertumbuhan yang berkesinambungan melalui penguatan halal value chain.

Meningkatkan alternatif pembiayaan dan kestabilan pasar keuangan syariah, komersial maupun sosial melalui ZISWAF.

Mengoptimalkan kualitas pengembangan ekonomi syariah berbasis kajian & riset serta mendorong keilmuan ekonomi syariah yang mampu mendorong tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah.

Acara Utama ISEF 2018

0
Showcase / Launching
0
International Seminar
0
Workshop / Talkshow
0
Booth Usaha Syariah

Jadi, di ISEF 2018 ini ada banyak sekali acara utama yaitu ada 10 showcase / launching dari produk-produk UKM binaan Bank Indonesia, 8 inernational seminar yang bisa kalian ikuti saat awal event dengan menghubungi pihak panitia terlebih dahulu, 10 workshop / talkshow yang bisa kalian ikuti secara gratis di panggung utama di area pameran, dan ada kurang lebih 115 booth usaha syariah yang dapat kalian kunjungi untuk mendapatkan berbagai macam ilmu tentang bagaimana perkembangan ekonomi syariah di Indonesia saat ini.

Untuk workshop atau talkshow dan acara-acara keren yang diadakan di panggung utama, berikut adalah jadwalnya yang dimulai dari tanggal 12 Desember 2018 hingga tanggal 15 Desember 2018 :

Rabu, 12 Desember 2018

Tema :

Talkshow Prospek Bisnis Wisata Halal di Era Digital

Workshop Halal Generation – Healthy Mind, Body, and Soul

Talkshow Wirausaha Muda dan Inovatif di Bidang Industri Kreatif

Cultural Performance (Juara Lomba Fesyar per Regional)

Kamis, 13 Desember 2018

Tema :

Talkshow Menjadi Milyarder Muda dari Bisnis Fashion

Workshop Tutorial Hijab Style Kekinian

Talkshow Bisnis Modest Fashion Berorientasi Ekspor

Hiburan Stand-Up Comedy (Dzawin)

Jumat, 14 Desember 2018

Tema :

Talkshow Sertifikasi Halal untuk UMKM Indonesia

Workshop Demo Memasak Halal dengan Menggunakan Produk Inovasi UMKM

Talkshow Halal Living

Hiburan Aleehya (Moslem Beatbox)

Sabtu, 14 Desember 2018

Tema :

Talkshow Pesantrenpreneur

Sharing Enterpreneur Muda Syariah (Juara Lomba per Regional)

Talkshow Sukses Bisnis di Zaman Now : UMKM Syariah Go Online

Closing Ceremony Fatin Shidqia Lubis

UMKM Binaan Bank Indonesia

Ajang ini juga merupakan ajang memasarkan produk-produk dari UMKM binaan Bank Indonesia yang mana dihasilkan dari beberapa sumber daya yang ada di Indonesia untuk diolah menjadi sebuah ide baru guna meningkatkan produktivitas juga kreatifitas dari masyarakat Indonesia khususnya dalam lingkup syariah.

Pertanian Terintegrasi

Optimalisasi hasil pertanian melalui pemanfaatan lahan dengan metode pengelolaan sampah minimal.

Pengelolaan Air Minum

Pemanfaatan sumber daya alam karunia Allah demi kemaslahatan umat dan pemberdayaan ekonomi pesantren.

Pengelolaan Kelapa

Optimalisasi pengelolaan sumber daya alam kelapa untuk mendorong kemandirian perekonomian pesantren.

Program Desa Berdikari

Komunitas yang berdaya, kreatif, religius, dan inspiratif.

Sertifikat Deposito Syariah

Meningkatkan efisiensi pasar uang syariah dengan pilihan alternatif produk syariah yang adil.

Sistem Akuntansi Pesantren Indonesia (SANTRI)

Menyusun laporan keuangan pesantren dengan mudah melalui SANTRI.

Renewable Energy dari Sampah

Optimalisasi manajemen pengolahan sampah dalam rangka menciptakan peluang usaha pesantren.

Virtual Market Pesantren

Penuhi kebutuhan dengan amanah.

Waqf Core Principles

Mengglobalkan wakaf dalam pengelolaan yang profesional dan optimal.

Zakat Core Principles

Mensejajarkan pengelolaan zakat dengan pengelolaan sektor keuangan komersial lainnya.

Cash Waqf Linked Sukuk

Memfasilitasi masyarakat dalam mendapatkan portofolio nilai investasi (pemerintah) sambil memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pembangunan ekonomi berbasis sosial.

Ikra Indonesia

Paltform yang mempertemukan para pelaku usaha syariah di sektor fesyen dan makanan / minuman halal.

Selain sebagai wadah pemasaran produk-produk syariah, acara seperti ini juga bisa dijadikan tempat wisata khususnya untuk ibu-ibu pengajian. Seperti yang kita tahu, sekarang banyak sekali perkumpulan pengajian yang terkadang sering jalan-jalan syariah untuk sekedar refreshing atau juga bisa untuk mencari pengetahuan lebih tentang agama, salah satunya refreshing murah ya datang ke acara ISEF 2018 seperti yang dilakukan beberapa ibu-ibu ini :

Ternyata hari itu saya datang terlambat, karena acara Cultural Performance rasanya telah usai lebih cepat, tetapi masih ada kesempatan untuk mendokumentasikan mereka meskipun tidak dengan penampilannya.

Selain bertanya-tanya soal produk syariah yang sedang dikembangkan di Indonesia, kalian juga bisa membaca buku-buku dari Bank Indonesia di booth KNKS dan mempelajari berbagai macam ilmu keuangan syariah.

Cocok untuk kaum milenial agar lebih peduli dengan keuangan syariah di Indonesia siapa tahu ada terobosan baru lagi dari pemuda-pemudi generasi penerus bangsa.

Karena acara ini tentang syariah, tentu yang namanya tempat ibadah tidak boleh dilupakan. Ada sebuah mushola yang saya pikir adalah mushola terbesar dan terkeren yang pernah dibuat di dalam sebuah event pameran selama ini.  Biasanya kalau ada event atau pameran, ada mushola tetapi kecil, bahkan malah tidak dibuatkan sama sekali, jadi mushola ikut ke mushola mall.

Terakhir, saya tidak sabar untuk datang kembali di acara mantul (mantap betul), ISEF 2019 dan yang pasti melihat terobosan-terobosan keren yang bisa digunakan untuk sektor keuangan khususnya yang berbasis syariah.

4 thoughts on “Belajar Ekonomi Syariah dengan Cara Kekinian di ISEF 2018”

  1. Infonya sangat lengkap dan sangat jelas, saya tidak hadir dan baru tahu ttg isef dan rentetan acaranya pun luar biasa keren! Semoga tahun depan berkesempatan datang langsung!

Leave a Comment

Share This