ASUS Zenfone Max M2 Menjawab Kebingungan Seorang

Kebutuhan akan bikin artikel cepat, edit artikel tanpa lag, foto kualitas terbaik, perekaman maksimal, gaming lancar, baterai jumbo, penyimpanan besar, dan tentu saja murah. Harus beli HP apa ya?

Berawal dari sebuah keisengan saat magang di salah satu perusahaan besar di Kediri, saya akhirnya memutuskan untuk menjadikan blog sebagai penghasilan sampingan disaat pekerjaan utama masih mencari. 

Alasan lain adalah ternyata artikel yang saya tulis ketika sedang magang bisa menjadi alat untuk memberikan sepintas gambaran kepada masyarakat Indonesia, khususnya untuk yang ingin magang atau kerja praktek di perusahaan tersebut. 

Mas, untuk kerja praktek di perusahaan ini syaratnya apa saja?

Mas, ini nanti kita disuruh ngapain aja disana?

Mas, untuk proposalnya bagaimana ya?

Begitulah kira-kira isi direct message yang saya terima di Instagram. Semua tentang kerja praktek atau magang di perusahaan tersebut padahal mereka kebanyakan tidak saya kenal dan mereka tahu dari artikel yang saya buat dulu ketika magang.

Dari situlah saya memulai pekerjaan sebagai content writer yang diharapkan dapat memberikan manfaat positif untuk yang membacanya karena saat ini masyarakat kita sudah banyak yang memanfaatkan teknologi untuk mencari atau mendapatkan sesuatu, baik informasi, maupun lainnya. 

Content Writer

Content writer sendiri merupakan seorang penulis profesional yang memiliki tugas untuk menulis konten di website atau artikel yang akan dipublikasikan di Internet.

Saat ini, saya bekerja di salah satu startup di Surabaya sebagai content writer. Tugas content writer bisa dibilang susah-susah gampang karena kita harus riset terlebih dahulu tentang apa yang akan dibuat sebagai artikel, memilih gambar atau foto yang ingin digunakan, hingga mengedit agar artikel menjadi lebih sempurna.

Karena beberapa kali saya harus liputan ke luar kantor, jadinya saya ingin mencari ponsel yang mumpuni yang bisa mengefektifkan pekerjaan saya seperti membuat artikel, mengedit artikel, memfoto momen dengan baik, baterai tahan lama, kualitas perekaman yang mumpuni, hingga handal bermain game agar tidak suntuk.

Selain itu, karena bertugas dengan banyak orang, keamanan juga menjadi perhatian khusus. Ditambah lagi harus mampu menyimpan banyak file, aplikasi, hingga foto-foto kualitas tinggi.

Akhirnya, saya menemukan sebuah ponsel yang bisa dibilang mampu memenuhi segala kebutuhan saya diatas. Dengan harga yang murah, sekitar 3,5 jutaan untuk tipe tertinggi, saya dapat bekerja sebagai content writer dengan baik. Inilah kriteria yang ada di Zenfone Max M2 yang membuat saya akhirnya berfikir kalau ponsel ini akan bisa membabat habis segala pekerjaan yang akan saya lakukan.

Kriteria 1 : Prosesor

Mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 632, dimana prosesor ini merupakan upgrade dari Qualcomm Snapdragon 625 yang terkenal memiliki performa tinggi tetapi hemat daya dan tidak panas memberikan pengalaman tersendiri untuk bermain game secara lancar juga mengasyikkan.

Snapdragon dalam Zenfone Max M2 ini diklaim 40% lebih cepat dari generasi sebelumnya. Dijamin main game PUBG Mobile, Mobile Legend, tidak akan cepat emosi dan ingin membanting hp.

Bahkan, untuk umat Antutu-diyah, skornya bisa dibilang sangat memuaskan, berada di angka 103372.

Masalah lag saat membuat artikel, main game, dan lain-lain saya rasa sudah bisa teratasi.

Kriteria 2 : Baterai

Salah satu faktor yang saya perhatikan ketika membeli sebuah ponsel adalah dari segi baterainya karena memang pekerjaan saya yang terkadang harus terjun ke lapangan, ponsel saya harus siap sedia dan tidak cepat habis.

Di dalam ZenFone Max M2 yang tipis itu sebenarnya terdapat tenaga yang kuat, yaitu baterai li-polimer 4000mAh. Jumbo bukan?

Jadi, kita bisa tenang tidak khawatir baterai cepat habis, terlebih ketika bermain game. Lagi seru terus kehabisan baterai kan tidak enak.

Kriteria 3 : Layar

Bermain game tentu akan sangat nyaman karena Zenfone Max M2 menggunakan layar all-screen 6.3-inci. Sangat besar. Selain itu, menonton video disini juga akan sangat memuaskan. Layarnya sudah HD+ dengan screen to body ratio yang besar merupakan kombinasi sempurna untuk memberikan rasa yang menyenangkan ketika menatapnya.

Dan, saya rasa tidak akan perlu melihat layar secara dekat karena memang luasnya layar yang diberikan. Minus mata saya mungkin tidak akan bertambah dengan cepat.

Kriteria 4 : Desain

Memiliki desain metal body rasanya seperti menggenggam ponsel kelas premium. Biasanya kalau ponsel premium itu bodynya bongsor, tetapi Zenfone Max M2 bodynya hanya setebal 7.7mm. Tipis banget!

Pilihan warnanya juga ada 3, yaitu Silver, Blue, dan Black. Tinggal pilih sesuai warna kesukaan kalian.

Terkadang, ketika berkumpul bersama orang-orang penting ketika liputan, agak malu juga menggunakan ponsel yang terlihat biasa saja. Dengan Max M2, saatnya tampil pede.

Kriteria 5: Kamera

Salah satu faktor unggulan dari Zenfone Max M2. Kamera yang digunakan sudah termasuk kelas premium dengan berbagai fitur yang ada. Tentu sangat saya butuhkan karena liputan memerlukan hasil gambar yang mempesona untuk memperkuat artikel yang akan saya buat. Fitur-fitur canggihnya ini rasanya akan sangat banyak membantu.

Penasaran apa saja fitur kameranya?

 
Nah, akan ada 13 jenis AI Scene Detection yaitu :
  • People
  • Food
  • Dog
  • Cat
  • Sunset
  • Sky
  • Green Field
  • Ocean
  • Flower
  • Plant
  • Snow
  • Stage
  • Text
* AI Scene Detection akan aktif di update software mendatang, saat ini dijadwalkan awal 2019

Ponsel sekarang kameranya tidak hanya 1, tetapi kebanyakan sudah memiliki 2 kamera. Begitu juga ZenFone Max M2 yang membawa 2 kamera untuk memberikan pengalaman fotografi yang sempurna.

Memiliki resolusi 13MP dan apertur f/1.8, akan menghasilkan hasil foto yang lebih jelas juga detail pada situasi banyak cahaya atau minim cahaya.

Adapula fitur Phases detection Auto Focus yang mampu medeteksi fokus secara cepat, juga didukung dengan EIS agar hasil tangkapan foto dan video menjadi lebih stabil.

Kamera kedua difungsikan untuk mengambil foto secara portrait dengan latar belakang menjadi blur atau bokeh.

Kabar baik untuk kalian yang doyan selfie karena Zenfone Max M2 dapat membantu kalian agar mendapatkan selfie terbaik menggunakan bantuan fitur real time beautification yang secara instan dapat menghilangkan jerawat, menyeimbangkan bentuk wajah, mencerahkan warna kulit dan masih banyak lagi.

Hasil Kamera Belakang. Photo by instagram.com/therealsarkar
Hasil Kamera Depan. Photo by instagram.com/masekoid
Hasil Kamera Belakang (Low-Light). Photo by instagram.com/gizguideph

Kriteria 6 : Audio

Masalah audio nampaknya Zenfone Max M2 menggunakan kekuatan yang maksimal karena sudah memakai 5 magnet speaker dilapisi metal juga terdapat amplifier NXP dengan distorsi rendah, jadinya akan menghasilkan suara yang bersih dan jelas. Pengalaman main game saat suntuk dalam pekerjaan dan mendengarkan musik saat memikirkan dirinya yang masih menjadi milik orang lain tentu akan lebih maksimal.

Kriteria 7 : Slots

Inilah yang paling saya suka dengan Zenfone Max M2. Sebagai pengguna dual sim cards tentu kehadiran dedicated slot  sangat-sangat membantu. Selain 2 kartu sim saya masuk semua, juga masih bisa menggunakan memori tambahan untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih lega.

Foto, video, data-data penting lainnya bisa dimasukkan tanpa pusing memori penyimpanan akan penuh. Good!

2 TB

microSD card

4G / 4G

supports dual SIM dual standby

Kriteria 8 : Keamanan

Karena masih terbiasa membuka ponsel menggunakan sidik jari, pengaruh face unlock rasanya masih sedikit aneh. Selain itu, saat menyetir kalau ingin membuka ponsel dengan metode face unlock berarti harus menatap ponsel selama beberapa detik yang mana itu akan sangat berbahaya dilakukan ketika menyetir karena beberapa detik hilang konsentrasi bisa mengakibatkan hal buruk. Jadi, sementara akan menggunakan sidik jari untuk membuka ponsel.

Wait, Zenfone Max M2 sudah mendukung face unlock? 

Yap, benar sekali, Zenfone Max M2 sudah mendukung fitur keamanan face unlock yang mana ini diklaim lebih aman dari sidik jari karen bentuk wajah masing-masing orang itu berbeda dan susah untuk ditiru.  Entah bagaimana kalau anak kembar.

Kriteria 9 : Sistem Operasi

Menggunakan stock Android untuk masalah sistem operasinya adalah pilihan yang tepat. Hal ini akan memberikan kita pengalaman yang berbeda karena performa yang dihasilkan akan lebih cepat dan maksimal daripada menggunakan sistem operasi buatan pabrik seperti ZenUI.

ZenUI akan membawa aplikasi-aplikasi yang tidak penting dan inilah yang bisa menurunkan performa dari ponsel. Selain itu, masalah pembaruan, saya suka stock Android karena memang lebih diprioritaskan dan lebih aman dari bug. Repot juga ketika liputan tiba-tiba ponsel nge-bug.

Kriteria 10 : Harga

Sebenarnya masalah harga, saya anggap terakhir karena saya paham, ada harga ada kualitas. Tetapi, AJAIBNYA ASUS Zenfone Max M2 hadir dengan KUALITAS MAKSIMUM HARGA MINIMUM. Siapa yang tidak terpincut coba?

ZenFone Max M2

Rp. 2.299.000
  • RAM 3GB
  • ROM 32GB

ZenFone Max M2

Rp. 2.699.000
  • RAM 4GB
  • ROM 64GB

Tabel Spesifikasi

Pilihan Warna

Harus Beli Dimana Nih?

Awalnya ASUS menunjuk 12 toko pertama di seluruh Indonesia untuk melakukan penjualan perdana ZenFone Max M2 yang digelar tangal 14 Desember 2018 kemarin. Namun, sekaran nampaknya di berbagai toko di Indonesia sudah punya stoknya, jadi bukan “hape ghoib”. Atau, kalau misalnya di toko kesayangan kalian tidak ada, kalian bisa cek di toko-toko yang ditunjuk oleh ASUS pertama ini :

Duta Ponsel

Jl. Jend. Sudirman No. 79, 81, 83, Pekanbaru

Maxx Mobile

Jl. Kolonel Abunjani, Sipin – Jambi

Goeboek Imut Expo

BEC 2, Jl. Purnawarman 13-15, Lt. LG Main Road (Depan Blok G)

Sinar Mas Selular

Matahari Plaza Simpang Lima Lantai 1 Semarang (Depan Escalator naik)

Hartono Mobile (Hartono Elektronika)

WTC Lt. 5 No. 5028 E-Mall. Surabaya

Cellular World

Jl. Teuku Umar Denpasar

(M) Deltasindo Sagita Mandiri - Jayapura

Jl. Raya Sentani RT.001/010 Waena Jayapura

Surya Phone - Samarinda

Jl. KH. Abul Hasan No.36 Samarinda

Rappang Cellular (AES Bekasi)

Bekasi Cyberpark, Lt. GFX-AT03 - Bekasi

Prima Phone (AES Roxy)

ITC ROXY MAS Lt. Dasar No 5 – Jakarta Pusat

CV Mobile generation/Aries Cell (AES Cempaka Mas)

ITC CEMPAKA MAS Lt. 4 Blok G No. 491, Jakarta

ASUS Exclusive Store - Medan

Plaza Medan Fair Lt.4 No. 40-42 Medan

Kesimpulan

Zenfone Max M2 punya baterai besar yakni 4.000mAh, layar 19:9 resolusi HD+ dengan sistem operasi pure Android Oreo 8.0 yang sangat ringan untuk bermain game.

Pendapat saya, ASUS Zenfone Max M2 cocok untuk semua kalangan. Tua muda, cowok cewek, pebisnis pengusaha. Soalnya masalah desain sudah oke, performa juga cepat, mau main game juga lancar, ingin mengabadikan momen juga terbaik, harga juga sangat-sangat terjangkau. Kurang apa?

Salah satu rekomendasi terbaik untuk kalian yang ingin mencari smartphone murah meriah tapi bisa mendukung aktivitasnya sehari-hari, maka Zenfone Max M2 adalah jawabannya.

6 thoughts on “ASUS Zenfone Max M2 Menjawab Kebingungan Seorang Content Writer”

  1. Wah kece. Bagi aku susah lho jadi seorang content writer. Pernah dijelasin ttg content writer dan aku langsung mumet. *hahay. Semoga segera bisa memiliki asus zenfone max m2 ini aamiin

Leave a Comment

Share this: