ASUS X555QG Ciptaan Manusia dengan Kecantikan Luar Biasa dan Suara yang Indah

Posted on

asus-amd-laptop-for-everyone-blog-competition-1

Tahun 2018 sepertinya akan dipenuhi dengan laptop game. Memang laptop yang dirancang khusus untuk bermain game ini sedang naik daun dari akhir tahun kemarin. Tak heran jika banyak merk laptop yang berlomba-lomba untuk membuat laptop khusus untuk mereka yang sangat menyukai game. Laptop ini dirancang dengan spesifikasi yang luar biasa hebat. Namun karena kualitasnya sangat baik untuk bermain game, maka jangan heran jika harganya pun juga mahal. Lalu bagaimana dengan kamu yang sangat menyukai game tapi cuma punya dana yang terbatas? Walaupun mempunyai dana yang cukup, pastinya kamu ingin membeli yang paling murah, kan?

Nah, kalau kamu berada dalam situasi ini, ada laptop multifungsi yang bisa dipilih. Emang sih, laptop ini bukan tercipta khusus untuk pecandu game. Tapi sebagai lelaki, punya laptop multifungsi yang bisa buat main game sekalian tentu akan lebih menguntungkan. Salah satu laptop yang saya sarankan adalah laptop ASUS X555QG. Biar lebih jelas, ini review laptop ASUS X555QG yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

sds

Laptop terbaru keluaran ASUS ini sebenarnya bukanlah laptop game, namun ternyata spesifikasi dari laptop tersebut bisa digunakan untuk bermain game-game populer salah satunya adalah PES. Seperti yang kita tahu bahwa game ini benar-benar sangat populer pada dari tahun ke tahun. Tentu saja banyak orang yang ingin memainkan game ini di laptop mereka. Begitu pula dengan DOTA juga dapat dimainkan di laptop ini. Mari kita ulas lebih dalam tentang review laptop ASUS X555QG beserta informasi lain mengenai desain, fitur, dan harga laptop Asus ini.

Review ASUS X555QG

kenapa

Kenapa kok ASUS?

Di Indonesia, di kuartal empat 2016, IDC melaporkan bahwa di bisnis laptop, ASUS terus tumbuh meski telah menempati posisi pertama sejak akhir 2013, posisinya sangat kuat dengan pangsa pasar sebesar 51,7 persen. Di kuartal tersebut, selisihnya dengan produsen terbesar kedua mencapai sekitar 33 persen. Bahkan bila digabungkan dengan market share milik produsen terbesar ketiga dan keempat, penguasaan pasar ASUS di laptop consumer masih lebih besar.

ASUS mencatat tonggak sejarah baru di tahun ini. Hingga September 2017, GfK menyebutkan, pangsa pasar laptop consumer ASUS kembali meningkat hingga mencapai 41,9 persen. Pangsa pasar ASUS mencapai lebih dari 2 kali lipat dibanding produsen terbesar kedua. ASUS juga meraih TOP Brand Award untuk kategori bisnis laptop di 2017. Di industri smartphone, menurut data IDC Q2 2017, ASUS meraih posisi empat besar. ASUS juga merupakan Top 2 produsen laptop konsumen dunia dan penghasil motherboard terbaik.

ASUS mendesain dan memproduksi berbagai jenis produk IT mulai dari laptop, tablet, PC desktop, server, perangkat jaringan, dan smartphone. Dimotivasi oleh komitmen pada inovasi, ASUS juga mengembangkan teknologi dari Personal Computing, Mobile Computing dan kini fokus pula pada IoT serta Robotics Computing.

Saat ini ASUS memiliki lebih dari 17.000 orang karyawan di seluruh dunia, di mana 5.500 orang diantaranya adalah insinyur di tim R&D (riset dan pengembangan) berkelas dunia. ASUS juga terus memimpin pasar dan menjadi brand laptop no.1 di Asia Tenggara. Dari data IDC kuartal keempat 2016, ASUS meraih market share tertinggi untuk Asia Tenggara (Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam dan Filipina) dengan market share sebesar 26,3%.

1. Desain Laptop ASUS X555QG

desains

Desain dari Laptop ASUS X555QG sebenarnya tidak jauh berbeda dari desain laptop ASUS sebelumnya. Material utama yang digunakan untuk laptop yang satu ini masih terbuat dari alumunium untuk casingnya. Selain menarik, desain ini tentu saja berfungsi untuk menutup bagian muka dan bagian dalamnya. Yang menarik dari bagian muka laptop ASUS X555QG adalah pada bagian ini pihak ASUS memberikan sentuhan grafik garis-garis agar bagian mukanya tidak terasa licin. Saya sendiri suka dengan bagian ini karena bikin posisi mengetik jadi lebih nyaman. Tentu saja dengan sentuhan ini pula efek elegan akan terasa dari bagian mukanya. Begitu pula dengan finishingnya yang mengkilat. Warna yang tersedia dari laptop ASUS X555QG sama seperti laptop ASUS lainnya yaitu hitam, putih, dan abu-abu. Kesan fun dan elegan didapat dari eksterior laptop ini.

Yang paling menarik, sentuhan garis-garis bukan hanya diberikan pada bagian muka saja, tapi juga di bagian dalamnya yang terbuat dari alumunium. Bahkan untuk bagian dalamnya terdapat dua motif yang berbeda. Untuk area palm rest terdapat motif garis-garis yang terlihat horizontal. Lalu untuk area speaker dan keyboard terlihat saling menyilang sehingga penampilannya semakin ciamik. Sama seperti laptop ASUS lainnya, laptop ASUS X555QG juga dilengkapi dengan DVD Writer yang memudahkan kita untuk membaca dan menulis dengan menggunakan cakram DVD.

2. Layar Laptop ASUS X555QG

layarees

Untuk layar dari laptop ASUS X555QG memiliki layar yang besar, yaitu 15.6 inchi. Namun agak disayangkan karena layar laptopnya masih mempunyai resolusi HD 1366×768 pixel. Tapi buat kamu yang menggunakan laptop ini untuk aktivitas sehari-hari tentu tidak ada masalah dengan ukuran standar yang diberikan Asus. Kecerahan warna pada laptop ASUS X555QG ini masih baik dan masih nyaman di mata kita. Namun jika kamu menggunakan laptop ini untuk bermain game, maka detail dari gamenya tidak begitu terlihat apalagi jika kamu bermain game yang mempunyai grafis maksimal. Tentu saja kita harus realistis karena laptop ini memang bukan didesain khusus untuk bermain game. Tapi kalau cuma buat main PES ataupun game RPG lain, tetap enak kok!

splendids

Laptop ASUS X555QG mempunyai bazel yang tebal ini memiliki nilai yang positif dan negative yang bisa dijadikan pertimbangan lain. Nilai positif dari bazel layar laptop ASUS X555QG tentu saja adalah dapat menahan kerusakan layar serta menahan benturan ringan pada layar. Sedangkan untuk sisi negatifnya adalah luas layar dan nilai estetika dari laptop akan berkurang. ASUS juga memberikan teknologi canggih guna mendukung kualitas tampilan pada layarnya. ASUS Splendid. ASUS Splendid adalah teknologi ASUS yang dikembangkan oleh tim ASUS Golden Eye yang memberikan empat pengaturan video yang berbeda yang sesuai dengan apa pun yang berada pada layar Anda, memastikan Anda mendapatkan gambar yang terbaik. Selain itu, ASUS Splendid juga secara eksklusif akan memberikan Anda warna dan temperatur warna yang akurat. Teknologi ini memberikan Anda warna yang cerdas dan menggetarkan dengan pengaturan dan parameter pada fine-tuning display.

ASUS Splendid memiliki empat mode: Normal mode, Theater mode, Vivid mode dan Manual mode. Normal mode memberikan pengaturan awal yang dapat dioptimalkan, Theater mode mengurangi tingkat cahaya biru agar lebih nyaman dalam melihat, dan Vivid mode dapat menyesuaikan pengaturan tampilan untuk memberikan gambar penampilan yang benar-benar hidup, tanpa membuat warna terlihat seperti buatan. Manual mode memberikan Anda kontrol untuk mengatur suhu warna, sehingga Anda dapat menyesuaikan tampilan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda sendiri.

3. Performa Laptop ASUS X555QG

performsass

Berbicara laptop, tentu saja berbicara soal performa yang bisa dihasilkan. Tentu, sebagai pengguna yang tidak ingin ribet karena masalah lag atau lemot, memilih laptop dengan performa yang maksimal adalah hal yang paling penting. ASUS X555QG ini sudah menggunakan prosesor AMD® Bristol Ridge A12-9720P/A12-9700P/A10-9620P/A10-9600P yang mana prosesor AMD ini bisa dibilang setara dengan Core i5 milik Intel. Menurut situs www.cpubenchmark.net, prosesor AMD® Bristol Ridge A12-9720P saja sudah berada diatas dari prosesor Intel Core i5.

ier

Selain itu, dari sisi grafis juga didukung AMD Radeon™ R8 M435DX dengan Dual Graphics 2GB DDR3 VRAM Terintegrasi FX-9800P yang akan digabungkan dengan DDR4 2133 MHz SDRAM, 4 GB, up to 16 G. Dengan begitu akan dijamin sudah tidak ada kata lemot ketika menggunakannya. Game juga bakal dilibas meskipun dengan kualitas menengan kebawah. Sektor penyimpanan juga terdapat harddisk dengan kapasitas sebesar 1 TB SATA.

4. Audio Laptop ASUS X555QG

audios

Laptop ASUS X555QG menggunakan teknologi SonicMaster dimana teknologi ini sudah dibenamkan oleh pihak ASUS pada produk-produk terbaru mereka. Optimasi dari hardware dan software pada bagian audionya sebenarnya membuat suara yang dihasilkan cukup merdu. Kamu bisa mendengar detail suara dan bass yang menggelegar dari laptop ini. Nah, kalau kamu menggunakan laptop ASUS X555QG maka pengalaman dalam bermain game atau menonton film kesukaan tentu akan menjadi lebih seru dikarenakan suara yang dihasilkan sangat renyah dan detail. Bukan hanya itu saja, untuk kamu yang hobi mendengarkan musik dan menonton film juga akan menjadi lebih seru karena suara dari laptop ini menggelegar jika disatukan dengan tambahan speaker.

5. Touchpad dan Keyboard Laptop ASUS X555QG

touchpads

Menjelajah fitur laptop ASUS X555QG akan semakin mudah karena area touchpad dari laptop ini lumayan lebar alias tidak terlalu kecil. Touchpad dari laptop ASUS X555QG ini pun juga sudah didukung dengan teknologi smart gesture yang akan semakin memudahkan penggunanya untuk mengoperasikan laptop ini dengan lebih mudah. Pada area palmrest atau area di pinggir touchpad, ASUS memberikan fitur IceCool Technology tujuannya adalah agar kamu sebagai pengguna dapat menggunakan laptop ASUS X555QG tanpa khawatir tangan atau pergelangan kamu akan terasa panas. Dan teknologi ini memang sangat membantu saat sedang menggunakan laptop ini.

tutss

Sedangkan untuk keyboard dari laptop ASUS X555QG, jarak antar tutsnya cukup lebar sehingga saat kamu mengetik menggunakan laptop ini maka risiko salah pencet tombol hanya sedikit saja. Namun ada hal yang sedikit mengganggu dari keyboardnya, seperti bahan yang digunakan pada tuts keyboard terlihat ringkih. Namun untuk kenyamanannya, dijamin keyboard laptop ASUS X555QG sangat nyaman untuk digunakan meskipun tidak bisa dibilang istimewa. Kamu masih bisa merasakan nyaman walaupun mengetik untuk waktu yang cukup lama. Namun, ada kekurangan dari laptop ini yaitu pada peletakkan keyboardnya. Tombol power berada tepat di atas tombol escape (esc), sehingga risiko salah pencet pada bagian tersebut sangat mudah terjadi. Tetapi, itu bukan menjadi masalah besar karena kalau sudah terbiasa maka akan aman-aman saja.

6. Ports ASUS X555QG

portsss

Selanjutnya kita beralih ke spesifikasi laptop ASUS X555QG yaitu pada port-nya. Untuk laptop yang satu ini, pihak ASUS menanamkan port yang cukup lengkap. Kamu bisa menemukan 3 port USB, jack audio, HDMI, slot MMC. Bahkan di laptop ASUS X555QG juga disediakan port VGA. Selain itu, port USB yang disediakan adalah 2 slot untuk USB 3.0 dan 1 slot USB 2.0. USB 3.0 akan memberikan Anda kecepatan 10x dari USB 2.0, memungkinkan Anda untuk menyimpan foto, atau melakukan transfer musik dan video dengan ukuran besar dalam waktu yang singkat. Anda dapat melakukan transfer film dengan kualitas Blu-ray berukuran 25GB dalam waktu 70 detik.

7. Baterai Laptop ASUS X555QG

baterais

ASUS X series sudah menggunakan baterai dengan jenis Li-Polimer yang katanya umur baterai lebih panjang, dengan ketahanan baterai sampai dengan 2.5 kali lebih kuat dibandingkan baterai Li-Ion silinder. Bahkan setelah diisi ulang hingga ratusan kali, baterai ini tetap dapat menyimpan sampai 80% dari original kapasitasnya. Tetapi, semua akan kembali kepada penggunaan dari kita.

8. Harga Laptop ASUS X555QG

Pada awal laptop ASUS X555QG dirilis, harganya mulai dari Rp. 6.599.000. Yang menarik adalah, berbeda dengan merk laptop yang lain, laptop dari ASUS memberikan garansi untuk waktu 2 tahun. Tentu saja dengan harga tersebut dan jangka garansi yang diberikan membuat harga laptop ini menjadi murah.

summarys

Prosesor AMD® Bristol Ridge A12-9720P/A12-9700P/A10-9620P/A10-9600P Processor
Sistem Operasi DOS
Memori DDR4 2133 MHz SDRAM, 4 GB, up to 16 G
Display 15.0″ 16:9 HD (1366×768)
Grafis AMD Radeon™ R8 M435DX dengan Dual Graphics 2GB DDR3 VRAM Terintegrasi FX-9800P
Storage 2.5″ 9.5mm SATA
– 1TB HDD 5400 RPM SSD
Drive Optik Super-Multi DVD (On selected models)
Card Reader 2 -in-1 card reader ( SD/ SDHC)
Kamera VGA Web Camera
Networking Terintegrasi 802.11 b/g/n
Built-in Bluetooth™ V4.0 (Optional)
10/100/1000/Gigabits Base T
Interface 1 x COMBO audio jack
1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor
2 x Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1)
1 x USB 2.0 port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1 x HDMI
Audio Built-in Speakers And Microphone
ASUS SonicMaster Technology
Baterai 2Cells 37 Whrs
Adaptor Daya Output :
19 V DC, 4.74 A, 90 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Dimensi 38.2 x 25.6 x 2.58 cm (WxDxH)
Berat 2.20 kg (dengan baterai cell)
Jaminan 2 tahun garansi hardware global. *berbeda di setiap negara

Siapa yang Cocok untuk Pengguna ASUS X555QG

jobs

Sebenarnya semua jenis pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah oleh ASUS X555QG ini karena mengingat spesifikasinya yang bisa dibilang kelas medium – berat. Tetapi, terkadang ada beberapa pekerjaan yang memang membutuhkan tenaga lebih guna mendapatkan hasil yang maksimal. Nah, untuk itulah ada pekerjaan-pekerjaan yang dapat dengan mudah dibabat habis oleh laptop ASUS X555QG ini tanpa halangan, asal penggunaan dalam batas wajar. Berikut detailnya :

Blogger, suatu pekerjaan yang saat ini sudah lebih banyak berbicara di dunia nyata. Blogger adalah sebutan dari orang yang senang dengan kegiatan menulis di catatan dalam internet yang bisa dibaca oleh banyak orang atau blogging. Blogger sendiri ada banyak jenisnya, ada travel blogger, food blogger, fashion blogger, techno blogger, dan masih banyak lagi, tergantung masing-masing penulisnya. ASUS X555QG akan membantu kalian dalam membuat konten-konten di blog masing-masing.

Programmer, kalau pekerjaan ini pasti diantara kalian sudah banyak yang tahu apa itu programmer. Programmer merupakan pekerjaan yang kerjanya membuat aplikasi-aplikasi komputer. Saat ini lowongan programmer sudah sangat banyak karena memang kebutuhan akan teknologi dan aplikasi sudah sangat berkembang pesat di perusahaan-perusahaan. Aplikasi yang digunakan programmer juga cukup ringan, maka laptop ASUS X555QG sudah sangat cocok untuk programmer.

Guru atau Dosen, pekerjaan ini sekarang sudah membutuhkan laptop sebagai alat ajar. Dengan laptop ASUS X555QG untuk membuat soal-soal ujian atau sekedar memberikan presentasi-presentasi di kelas sudah sangat cukup.

Komposer, pembuat lagu bisa mengandalkan ASUS X555QG karena spesifikasi yang ditawarkan sudah dual-VGA dan RAM sudah DDR4 tentu bukan masalah untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam membuat lagu.

Pelajar atau Mahasiswa, kalau kalian ingin membeli laptop untuk yang masih pelajar SMP SMA, atau sedang kuliah dan berjuang menyelesaikan skripsi, ASUS X555QG adalah pilihan numero uno. SMP SMA dengan kebutuhan hanya sebatas Microsoft Office maka laptop ini sudah lebih dari cukup. Bila mahasiswa dengan kekuatan prosesor setara Intel Core i5 maka bisa dijamin skripsi akan cepat selesai. Asal dikerjakan saja.

Bos atau Pimpinan, kebutuhan yang sederhana, mungkin hanya mempersiapkan presentasi kepada karyawan, melihat laporan masuk dan keluar, atau menonton film dan mendengarkan musik, ASUS X555QG sudah bisa diandalkan.

Montir, montir pakai laptop untuk apa? Jadi, mobil-mobil zaman now yang mahal-mahal itu sudah menggunakan sistem ecu yang mana bisa diprogram lewat laptop. Ingin setting irit bahan bakar, atau fitur lainnya, bisa menggunakan laptop untuk pengaturannya. Ada aplikasi khusus.

Komikus, pekerja yang sudah banyak bermunculan di dunia Instagram. Membuat desain karakter dan jalan cerita, ASUS X555G dapat dengan mudah membantu kalian.

Pengusaha, menurut saya ini masih sama dengan pekerjaan bos atau pimpinan. Tetapi, pengusaha ini bisa lebih spesifik dan kebutuhannya juga berbeda menurut kategori yang dipilih. Misal pengusaha pembuat website. Laptop adalah alat perang utama. Dan, seperti programmer, ASUS X555QG akan membabat habis semua aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan.

Dokter, biasanya menggunakan laptop untuk melakukan pencatatan pasien dan detail-detailnya seperti riwayat penyakit. Kadang juga digunakan untuk menonton film. Kata ASUS X555QG, “pekerjaan ringan“.

Desainer Grafis, aplikasi yang digunakan lebih berat dari lainnya. Belum lagi harus membuat desain dengan banyak objek. Saya rasa ASUS X555QG akan mendapatkan lawan yang sepadan, yaitu aplikasi-aplikasi desain grafis. Akan lemot atau lagging? Saya rasa tidak.

Fotografer, digunakan untuk menyimpang hasil-hasil foto klien dan edit-edit foto. Harddisk yang 1 TB dengan RAM DDR4 4GB sudah terlalu cukup untuk melakukan semua hal tersebut.

Pekerja Kantoran, pekerjaan yang membutuhkan dukungan penyimpanan yang besar. Isinya hanya laporan-laporan dan presentasi yang harus siap bila dibutuhkan. Selain itu, sisa penyimpanan pasti akan lebih banyak digunakan untuk menyimpan film-film bioskop yang hanya tinggal unduh.

Kesimpulan

Keunggulan laptop ASUS X555QG tentu saja terletak pada fakta bahwa laptop ini bisa digunakan untuk bermain game, cocok untuk pekerja kantoran yang butuh laptop dengan performance tinggi, ataupun sekedar untuk melakukan komputasi ringan. Spesifikasi yang diberikan oleh laptop ini sudah cukup untuk menjalankan beberapa game mainstream yang populer. Apalagi ditambah dengan fakta harganya yang murah, tentu saja laptop ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang mempunyai dana yang terbatas. Karena itulah banyak yang menyebut laptop ASUS X555QG sebagai laptop game murah.

 

 

Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD – Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com

2 thoughts on “ASUS X555QG Ciptaan Manusia dengan Kecantikan Luar Biasa dan Suara yang Indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *