Kontak Saya Paid Review | Content Placement | Digital Promotion.

ASUS ROG GX800, Laptop Monster Andalan Sultan

Suatu hari ada bapak-bapak paruh baya datang kepada saya dan menanyakan, “mas, Kijang LGXnya dijual nggak? Mau saya tukar dengan notebook gaming nih kalau mau. Bagaimana?

Hah? Sebuah Kijang LGX bisa ditukar dengan sebuah notebook gaming? Langsung saja saya jawab “wah pak, saya masih sehat dan Alhamdulillah masih sadar“.

Ada yang percaya soal percakapan diatas? Kalau Anda percaya berarti selamat, Anda tidak salah membaca artikel berikut ini. Karena baru-baru ini ada sebuah notebook gaming yang harganya bisa dibilang melebihi harga jual Kijang LGX saya yang tahun 1999.

Melebihi harga jual Kijang LGX tahun 1999. Berbagai pertanyaan mungkin akan terlintas di pikiran Anda yang sedang membaca ini. “Laptop apa itu?“, “Laptop gaming kok harganya seharga mobil baru?“, “Namanya laptop gaming pasti ya gitu-gitu aja, gak mungkin harganya bisa seharga mobil.“, “Laptop mahal cuman dibuat main game aja? Gila kali“, “Wah mantan sudah mau nikah, beli laptop gaming ini ah siapa tahu bisa balikan lagi“.

Ada kan? Pasti ada, karena umumnya sebuah laptop atau notebook gaming itu harganya sekitar 8 juta hingga 50 juta. Harga 5 juta saja sudah mantap dibuat bermain game yang sekarang lagi tren meski memang tidak sebagus yang seharga 50 juta.

Oleh karenanya, artikel ini akan membeberkan semua jawaban yang menjadi pertanyaan-pertanyaan Anda ketika mendengar ada laptop atau notebook gaming seharga sebuah mobil dari pabrikan yang menjadi Brand No.1 untuk menciptakan berbagai macam notebook gaming dunia. ASUS ROG GX 800.

1. Prosesor Intel i7-7820HK

ASUS ROG GX800 sudah dipersenjatai dengan otak dari Intel yang paling canggih yaitu prosesor Intel i7-7820HK dengan kemampuaan clock speed yang cepat dan lebih tinggi yaitu 4,66GHz. Pengaruh clock speed kepada laptop itu sendiri apa? Tentu saja ini sangat mempengaruhi bagaimana kinerja laptop akan bekerja lebih cepat secara keseluruhan, contohnya akan menambah frame rate (fps) ketika Anda bermain game. Selain akan menambah fps ketika bermain game, clock speed yang tinggi juga berpengaruh ketika Anda menggunakannya untuk rendering video atau 3D, dan menjalankan banyak aplikasi atau game sekaligus meskipun beberapa dari aplikasi atau game tersebut sangat memakan banyak sekali daya atau resource intensive. Untuk Anda yang ingin mencoba overclocking pada laptop ASUS ROG GX800 ini, caranya pun cukup mudah. ASUS ROG GX800 yang sudah dilengkapi dengan aplikasi khusus bernama ASUS Gaming Center ternyata dapat digunakan sebagai perantara untuk overclocking dengan menaikkan frekuensi pada tegangan CPU dan GPU hingga batas tertentu.

Pernah mendengar ada laptop yang memiliki radiator? Inilah yang paling membedakan ASUS ROG GX800 dengan laptop atau notebook gaming lainnya. ASUS ROG GX800 selain menggunakan prosesor yang cakep, cantik, cepat dan aduhai, ternyata juga terpasang sebuah radiator yang berfungsi sebagai aliran watercooling untuk membuat dingin 2 GPU dan CPU yang ada di dalam notebook. Laptop ada radiator. GILA. Tetapi, radiator ini ada docking yang melengkapi kemampuan notebook ASUS ROG GX800. Jadi, ketika dalam docking mode atau jogres (bahasa Digimon), kemampuan maksimal 2 VGA ASUS ROG GX800 yang terpasang dapat dipekerjakan secara maksimal sehingga frekuensi overclocking bisa mencapai 4,66GHz.

intel core i7

Kelemahannya adalah bilamana Anda menginginkan menggunakan docking mode untuk bisa overclocking, maka Anda harus siap dengan daya listrik yang ada. Ketika docking mode, Anda diharuskan menggunakan 2 buah charger yang digunakan untuk notebook itu sendiri dan docking dengan total bisa mencapai 660W. Memang cukup besar untuk sebuah pengguna yang memiliki rumah dengan listrik 1300W dan dihabiskan 660W untuk overclocking laptop.

2. Teknologi 2 Way SLI GTX1080 atau Dual VGA GTX1080

Satu buah VGA GTX1080 sudah mampu memuaskan hasrat para gamers untuk memainkan game paling berat saat ini dengan kualitas grafis yang cantik, sekitar 5% dibawah kecantikan seorang Raisa. ASUS ROG GX800 pun seakan menjawab ketidakpuasan hasil survei yang dilakukan oleh saya sendiri dengan sukarelawan saya sendiri juga. Karena 1 buah VGA GTX1080 masih kurang cantik 5% dari kecantikan seorang Raisa, maka ditambah lagi 1 buah VGA menjadi 2 atau menggunakan 2 Wat SLI GTX1080. Kalau begini mungkin akan 3% lebih cantik dari Raisa. Diatas kertas yang ada tulisannya spesifikasi, GTX1080 sudah terdapat CUDA Core sebanyak 2560, dengan Base Clock 1607 MHz dan Boost Clock 1733MHz. 1 buah VGA GTX1080 yang disematkan pada GX800 ini memiliki VRAM sebesar 8 GB GDDR5X dengan jalur memori bus lebar 256 bit berkecepatan 10 Gbps. Kalau 2 menjadi 16 GB GDDR5X atau bisa diibaratkan mungkin Pevita Pearce + Pevita Pearce.

Selain kemampuan yang diluar nalar sudah pasti dapat melahap game-game berat dan penggunaan berat, ada beberapa teknologi yang mendukung kartu grafis canggih ini, diantaranya adalah VR Ready, Nvidia G-Sync, Vulkan API, OpenGL, dan masih banyak lagi tetapi tidak sebanyak mantan saya. Teknologi-teknologi canggih ini tentu aja berguna untuk memuluskan dan memaksimalkan berbagai macam efek ketika bermain game sehingga tidak akan teriak “Ah ngelag !!” lagi.

3. Layar Canggih Berteknologi G-Sync dan IPS

Notebook ASUS ROG GX800 memberikan desain layar yang besar dan lebar. Bentang layarnya mencapai 18.3 inci. Ukuran yang tidak biasa untuk sebuah ukuran notebook karena bisa dibilang ini terlalu besar. Tetapi, mengingat kebutuhan akan bermain game yang membutuhkan pandangan dan tampilan yang sempurna, ukuran ini menjadi ideal. Menggunakan finishing matte yang berfungsi untuk melindungi mata Anda ketika bermain game atau bekerja seperti editing video agar tidak mudah cepat lelah dalam rentan waktu yang lama. Layar yang seperti ini juga mampu meminimalkan pantulan cahaya dari arah belakang ketika menggunakannya di tempat yang banyak cahaya.

Baca Juga :  Mengintip Asus ROG Strix GL502VS Laptop Canggih Seharga Motor Sport

Dengan ukuran layar yang luas, tentu resolusi yang diberikan sudah pasti 4K (3840×2160) dengan refresh rate sebesar 60Hz yang memiliki arti kalau layar ASUS ROG GX800 dapat menampilkan 60 gambar per detik. Untuk mengimbangi kekuatan layar yang diberikan kepada ASUS GX800, pihak ASUS juga memberikan teknologi NVIDIA G-Sync. NVIDIA G-Sync merupakan fitur yang ada pada layar yang diberikan oleh NVIDIA. Gunanya adalah untuk memperhalus pergerakan antar gambar dengan menyesuaikan refresh rate dari layar dan dari GPU, sehingga hasilnya akan membuat pergerakan akan minim patah-patah.

g-sync layar gx800

Adapula teknologi IPS yang turut digabung pada layar notebook GX800 ini. Layar IPS ini akan berguna untuk Anda yang suka akan dunia fotografi, desain grafis, konten game, hingga pembuatan film, karena layar IPS akan membuat sudut penglihatan kita menjadi lebih luas yakni 178 derajat baik dalam horisontal maupun vertikal. Tentu ini akan membuat Anda yang gamer dapat melihat keadaan in-game lebih nyaman karena memang jangkauannya lebih luas.

4. Teknologi Splendid Display yang Bikin Nyaman

mode eye care

Ada 4 mode display yang juga dimasukkan kedalam ASUS ROG GX800. Mode display ini akan berguna bagi Anda untuk mendapatkan kenyamanan dalam menggunakan notebook ini, karena masing-masing mode display dapat dipilih berdasarkan keinginan. 4 mode display ini adalah :

Normal Mode, mode pengaturan yang maksimal pada LCD yang cocok digunakan untuk tampilan visual, seperti mengedit video atau melihat gambar.

Eye Care Mode, mode display yang tingkat kecerahan pada warna biru di layar akan dikecilkan untuk mengurangi terjadinya cedera pada retina mata. Cocok untuk yang suka menggunakan notebook dalam waktu yang lama. Teknologi yang bisa dibilang baru yang telah dirancang oleh para engineer ASUS.

Vivid Mode, mode pengaturan dengan kontras warna yang tinggi dan lebih tajam tetapi tidak lebih tajam dari omonganmu. Cocok untuk Anda yang ingin melihat film dengan kualitas visual yang tinggi, edit video, dan melihat foto atau gambar.

Manual Mode, mode display yang bebas untuk diatur baik dari segi kecerahan, ketajaman, sesuai keinginan masing-masing pengguna.

5. Dukungan Storage SSD Paling Cepat Abad Ini

Notebook ASUS ROG GX800 sudah menggunakan storage berbasis SSD buatan Samsung dengan tipe SM951 yang katanya media penyimpanan tercepat di abad ini. SM951 ini memiliki fitur yang tidak kalah canggih, yaitu memiliki fitur NVMe atau Non Volatile Memory Express yang memanfaatkan slot PCIE generasi ke-3 M.2 yang kecepatannya 4 kali lebih cepat dibandungkan dengan SATA3 yang diklaim sebagai koneksi pada media penyimpanan paling cepat saat ini. Kecepatan yang dapat dilakukan oleh slot PCIE 4 adalah sebesar 20Gb per detik, atau 4 Gb lebih cepat dibanding Raid 0. Untuk hardisk, ASUS ROG GX800 juga dilengkapi dengan kapasitas yang besar, 1,5 TB.

6. Didukung Antena WiFi Eksternal

tambahan wifi antena

Notebook ini ternyata dilengkapi dengan antena tambahan yang berguna sebagai antena WiFi eksternal. Hal ini dilakukan untuk kenyamanan pengguna dalam menangkap sinyal WiFi agar lebih kuat dan dapat memudahkan para gamer yang ingin bermain game online tanpa terkendala sinyal naik turun yang berakibat lag pada saat in-game. Sangat menjengkelkan kalau sudah seperti itu.

7. Keyboard Mechanical yang Enak Diklik-Klik

Keyboard mechanical yang identik dengan gamer sudah dimasukkan kedalam badan notebook ASUS ROG GX800. Keyboard mechanical yang empuk dan nyaman digunakan akan membuat para gamer menjadi lebih fokus dalam melibas segala lawan. Tombol WASD juga diberikan bold atau highlight agar merasa lebih clicky ketika bermain game.

tombol asus gaming center

Desain keyboard yang ergonomis dan dapat berubah warna menjadi RGB tentu juga menjadi nilai lebih tersendiri yang didapatkan para pengguna karena bisa menjadi lebih sedikit merasa bosan dengan tampilan pada keyboard ASUS ROG yang sebelumnya hanya 1 warna saja. Tombol ASUS Gaming Center juga berpindah menjadi diatas berdampingan dengan 3 tombol makro, video record, dan volume up and down.

8. Dilengkapi Docking Watercooling Generasi Ke-2

docking gx800

Salah satu alat yang bikin ASUS ROG GX800 bisa lebih keren dan gagah. Seperti halnya pendahulunya ASUS ROG GX700, pihak ASUS ingin membuat sebuah perangkat notebook dengan performa yang bisa menyamai performa dari perangkat desktop. Dan, hebatnya Asus sudah merencanakan hal ini, terutama soal overclocking dari tahun 2003. Untuk menggunakan ASUS ROG GX800 di top performancenya, Anda perlu menggunakan docking khusus yang berisi watercooling dan ketika mereka bersatu maka akan tercipta sebuah kekuatan fenomenal yang akan menghajar berbagai macam game dan aplikasi apapun tanpa adanya lag.

Baca Juga :  Laptop untuk Anak Sekolah Pilihannya Lenovo G40

Cara kerja dari watercooling ini sama seperti yang ada di GX700. Hydro Overclocking Station, demikian pihak ASUS memberikan nama, akan mengalirkan cairan yang asalnya dari tangki lewat tabung selang dengan cara didorong oleh pompa menuju ke dalam perangkat dengan maksud mendinginkan sistem agar bisa bekerja secara maksimal. Ketika tugas untuk mendinginkan sistem sudah selesai, cairan panas tersebut kembali dialirkan menuju keluar sistem dan menuju ke docking juga untuk mendinginkan temperatur bersama dengan radiator dan hasil panas akan dikeluarkan lewat lubang ventilasi yang ada pada radiator. Radiator yang ada pada docking didesain menyerupai radiator pada mobil, sebagai alat untuk mendinginkan dan menyegarkan mesin.

sirkulasi docking

Karena ASUS ROG GX800 dibekali spesifikasi tingkat dewanya sultan dengan 2 GPU dan 1 CPU, maka bisa dipastikan cooling akan bekerja lebih keras dan bentuknya 2 kali lebih besar daripada yang ada pada GX700 yang tentu saja dapat menampung lebih banyak cairan pendingin. Bobotnya bisa mencapai 4,7kg.

Wah dockingnya berat juga ya, bagaimana kalau main game tanpa docking?

Bisa juga dan tidak kalah dengan menggunakan docking. Dalam tubuh notebook ASUS ROG GX800 sudah ada sebuah fan yang besar dan bisa diatur hingga angka 100 persen. Hal ini akan memberikan dampak pada aliran udara menjadi lebih lancar dan body notebook tidak cepat panas. Solusi untuk Anda yang ingin bermain game berat maka bisa mengatur kecepatan kipas hingga mencapai 100 persen agar lebih maksimal.

Lebih kerennya lagi, ASUS ROG GX800 juga mampu melakukan overclock pada GPU. Jadi, tidak hanya CPU yang bisa dioverclok oleh ASUS GX800, tetapi GPU-nya tidak akan ketinggalan. Performa maksimal ketika dioverclock, GPU ASUS GX800 mampu mencapai 2,1Ghz dan hasilnya Anda dapat memainkan game-game berat pada resolusi 4K dan dengan FPS mencapai sekitar 60 keatas.

9. Port Input Output yang Sangat Lengkap

Julukan The Real Monster Gaming Machine memang pantas digunakan oleh ASUS ROG GX800 ini. Port input output yang juga tidak kalah penting hadir dengan kelengkapan yang amat sangat. Tersedia port HDMI 2.0 dengan fasilitas monitor 4K dengan refresh rate mencapai 60Hz. Display port 1.3 juga turut mendampingi di sisi samping notebook ini dan dapat mendukung 8K monitor 60Hz atau dual 4K 60Hz. Bergerak ke sampingnya, ada 2 buah USB 3.1 Type C yang sudah mendukung teknologi Thunderbolt 3.0 dan ada 1 buah USB 3.0 Type A, Headphone jack, Mic jack. LAN port juga tidak akan ketinggalan untuk bermain game online melalui LAN. Di samping sebelah kiri, ada 2 buah USB 3.0 Type A dengan 2-1 card reader, serta dibekali colokan untuk antena WiFi eksternal.

pendingin gx800

Di bagian body samping atas akan nampak ventilasi sebagai penyaring udara dan bagian belakang ada exhaust sebagai jalan udara panas menuju udara bebas. Selain itu, kalau Anda merasa bosan dengan tampilan ASUS ROG, maka ASUS ROG GX800 sudah ditambah dengan bentuk mata ala ASUS ROG pada samping kanan bawah dari keyboard dan bisa diatur warnanya sesuai keinginan hati.

lampu rog

10. Bermain Game Lebih Jos dengan Dual Array Microphone

ASUS tidak main-main dalam memproduksi notebook gaming kelas berat. Menggunakan dual array microphone, bermain game seperti LAN party yang membutuhkan real time video chat dapat dilibas tanpa sisa dengan hasil suara yang jernih dan tidak terkontaminasi oleh suara-suara lingkungan sekitar.

audio gx800

Jadi, Anda bisa fokus dalam bermain game. Adapula teknologi Noise Supression yang sengaja dibangun oleh ASUS untuk meminimalisir polusi suara seperti suara keyboard, suara kipas, hingga audio pada game itu sendiri, sehingga suara dari dan kepada lawan bicara akan terdengar jelas tanpa gangguan.

11. Koneksi Ngadat Bisa Diatasi dengan ASUS GameFirst III

gamefirstiii

Fungsi dari ASUS GameFirst III adalah untuk mengoptimalkan penggunaan koneksi internet ketika bermain game online. ASUS GameFirst III akan mengutamakan koneksi internet ke kebutuhan game daripada yang lain. Jadi, mau Anda sedang mengunduh berbagai film Korea yang unch-unch, ketika main game hal itu tidak akan menjadi masalah. Film Korea dapat, kemenangan di game juga didapat.

12. Hasil Pengaturan pada Game Kelas Berat (Rata Kanan Lebih-Lebih)

This slideshow requires JavaScript.

13. Hasil In-Game yang Rata Kanan Lebih-Lebih – (Slideshow)

This slideshow requires JavaScript.

14. Hasil Benchmark CPU dan GPU (Mode Extreme) – (Slideshow)

This slideshow requires JavaScript.

15. Tabel Spesifikasi

ASUS ROG GX800 telah membuktikan kalau memang ada sebuah notebook gaming yang harganya mungkin hanya seorang sultan yang bisa memilikinya. Notebook gaming ROG GX800 sudah diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia pada tanggal 22 Maret 2017 di Jakarta. Kabarnya harga laptop ASUS Maret 2017 ROG GX800 akan dibanderol dengan mahar Rp. 95.000.000,- yang akan diberikan bonus tas ransel dan tas koper yang isinya watercooling. Anda mau membelinya?

Good, Better, Beast

16. Video ASUS ROG GX800

1. Unboxing dari Om Ridwan Autonetmagz

2. Review singkat dari channel LinusTechTips

3. Gaming Review dari channel DigitalFoundry

Sumber :

https://rog.asus.com/

http://www.rilisiana.com/

http://tekno.liputan6.com/

http://ark.intel.com/

2 Comments

Leave a Reply