5 Tips Memilih Smartphone Terbaik

tips

Beberapa survei menunjukkan bahwa Indonesia adalah salah satu pasar smartphone terbesar di dunia. Januari 2018 lalu tercatat pengguna smartphone di Indonesia mencapai angka 130 juta. Artinya, pasar smartphone Indonesia benar-benar potensial di mata para vendor smartphone dunia.

Itulah sebabnya hampir saban bulan kita dijejali dengan beberapa peluncuran smartphone baru. Teknologinya pun kian canggih dengan fitur dan spesifikasi yang makin meningkat. Alhasil, persaingan smartphone di Indonesia pun makin ketat.

Nah, agar tidak menyesal membeli smartphone, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa tips berikut ini ketika ingin membeli smartphone baru. Ada beberapa hal utama yang harus kamu pertimbangkan sebelum membeli smartphone.

Perhatikan Prosesornya

Cobalah untuk memilih smartphone bukan karena mereknya semata atau desainnya semata. Yang utama justru adalah “jeroan” smartphone itu sendiri.

Salah satu aspek penting yang membuat sebuah smartphone itu kencang atau lemot terletak pada prosesor yang digunakan. Ini juga salah satu pertimbangan agar ke depan tidak menyesal membeli prosesor yang ketinggalan zaman.

Jika punya dana yang cukup, jangan ragu untuk membeli smartphone yang memiliki prosesor terbaru. Untuk penggemar iOS prosesor yang paling mutakhir saat ini adalah Apple A11 Bionic. Sementara untuk pengguna Android bisa mempertimbangkan smartphone yang sudah mengusung prosesor Snapdragon minimal 845 seperti yang sudah tersemat pada Samsung Galaxy S9.

Ada alasan tersendiri mengapa prosesor menjadi salah satu pertimbangan utama ketika membeli smartphone. Tak lain karena inilah yang menjadi otak smartphone. Dengan membeli smartphone yang memiliki prosesor paling mutakhir, usia dan teknologi smartphone dalam tiga hingga empat tahun ke depan tidak terlalu ketinggalan zaman.

Oh ya, usia pemakaian handphone rata-rata antara tiga sampai dengan lima tahun. Jadi, jika smartphone kamu sudah berusia lebih dari lima tahun, saatnya untuk membeli smartphone dengan teknologi terbaru agar kamu juga bisa beradaptasi dengan teknologi-teknologi terbaru.

Cari Tahu Kapasitas RAMnya

Bicara soal RAM, tidak berbeda jauh dengan bicara soal prosesor. Umumnya, ukuran RAM disesuaikan dengan prosesor yang digunakan.

Beberapa ponsel high end saat ini sudah menggunakan RAM dengan ukuran antara 4 GB sampai dengan 6 GB. RAM inilah yang membuat performa smartphone menjadi lebih kencang dan anti ngelag. Terlebih saat ini smartphone sudah banyak digunakan untuk editing video.

Pilihlah smartphone dengan RAM paling mutakhir. Minimal sudah menggunakan RAM 4 GB seperti yang digunakan oleh iPhone X saat ini.

Apa Kelebihan dari Kameranya

Saat ini smartphone sudah hampir menggantikan kamera DSLR dan juga kamera mirrorless karena fitur AI-nya dan sensornya yang cukup bisa diandalkan. Apalagi beberapa smartphone terbaru saat ini sudah bisa digunakan dalam kondisi low light serta memiliki aperture yang setara dengan kamera DSLR atau mirrorless.

Namun, jangan terkecoh dengan ukuran megapiksel smartphone. Karena itu tak terlalu berarti apa-apa, terutama jika hasil fotonya hanya sebatas untuk dibagikan di sosial media semata.

Saat membeli smartphone, perhatikan aperturenya. Semakin kecil angkanya akan semakin baik. Rata-rata beberapa dual camera yang ada di smartphone sekarang berkisar antara angka f/2.0 atau f/1.8. Apalagi kalau kameranya sudah dilengkapi dengan fitur stabilization yang membuat rekaman video makin apik lagi.

Pertimbangkan Juga Ruang Penyimpanannya

Inilah pentingnya membeli smartphone sesuai dengan kebutuhan. Jika nantinya smartphone banyak digunakan untuk memotret dan juga mengambil video, setidaknya pilihlah smartphone yang sudah memiliki kapasitas penyimpanan cukup besar.

Beberapa smartphone middle-end sudah ada yang menyediakan kapasitas internal antara 32 GB sampai dengan 64 GB. Jika ditambahkan dengan slot eksternal yang bisa diupgrade hingga 128 GB tentu saja akan lebih baik lagi.

Pastikan minimal membeli smartphone yang sudah memiliki kapasitas sebanyak 32 GB. Dengan begitu, kamu tidak perlu terlalu sering memindahkan data dalam smartphone ke laptop ataupun harddisk eksternal lainnya.

Pastikan Hemat Daya dan Punya Kapasitas Cukup Besar

Terakhir dan juga tidak kalah penting adalah perhatikan kapasitas baterai dan estimasi pengisian daya baterainya. Jika belum memiliki fitur fast charging, sebaiknya urungkan niat kamu dulu. Cari smartphone yang sudah memiliki fitur pengisian daya cepat sehingga kamu bisa lebih banyak stay online dengan smartphone kamu nantinya.

Pilih kapasitas baterai smartphone di atas 3,000 mAH. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot terlalu sering mengisi ulang daya baterainya apalagi selalu bergantung pada power bank yang bisa memperpendek usia baterai.

Itulah beberapa panduan untuk memilih smartphone terbaik untuk berbagai kebutuhan. Jika dirasa terlalu mahal, turunkan lagi spesifikasinya dan sesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang ada.

Namun, jika membeli smartphone canggih memang menjadi sebuah investasi, kamu bisa memanfaatkan fasilitas kredit hp tanpa kartu kredit dari Kredivo. Buka saja situsnya di https://www.kredivo.com/ untuk mengetahui syarat lengkap serta promo yang sedang berlangsung.

Kredit hp tanpa kartu kredit lewat Kredivo kini bisa dilakukan di 200 e-commerce merchant kredibel yang sudah bekerja sama dengan Kredivo. Bahkan sudah ada juga merchant offline yang sudah bekerja sama sehingga kamu bisa langsung datang ke gerainya tanpa harus menunggu pengiriman barang. Soal tenor dan bunga, Kredivo memberikan pilihan masa cicilan yang sangat variatif, yaitu 3, 6, dan 12 bulan. Bunganya paling rendah dibandingkan pemberi fasilitas kredit hp tanpa kartu kredit lainnya, yaitu hanya sebesar 2,95% per bulan. Sangat menarik bukan?

Leave a Comment

Share This