5 Cara Merawat Mobil Yang Benar Supaya Tetap Awet dan Nyaman Dipakai

Mobil perlu dirawat supaya tetap awet dan nyaman dipakai. Sebab, mobil yang rutin dipakai tentunya membutuhkan perawatan ekstra. Kamu tidak mau kan kalau tiba – tiba saja mobilmu mogok di jalan? Apapun jenis mobilnya memerlukan perawatan, baik itu matic maupun manual.

Tune up mobil atau servis berkala perlu dilakukan demi merawat mobil supaya selalu prima dan dalam kondisi yang baik ketika digunakan. Berikut dibawah ini 5 cara merawat mobil hari hari ini yang benar supaya tetap awet dan nyaman dipakai :

1. Rutin Cek Oil

Umumnya dalam petunjuk buku manual, dianjurkan untuk cek oli setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali. Namun sebaiknya bagi para pengguna mobil yang menghadapi kemacetan dalam kesehariannya, mengganti oli dilakukan setiap 5.000 km. Selain itu, jika mesin mobil terasa kasar dan warna oli sudah menghitam dan encer, maka itu tandanya harus ganti oli.

2. Periksa Kopling dan Rem

Dianjurkan untuk periksa kendaraan ketika sudah memasuki 10.000 dan 50.000 km. Perhatikan amplas kopling yang telah mulai haus, hal tersebut akan mengakibatkan perpindahan gigi terasa berat. Selain itu, rutin cek kondisi rem. Dianjurkan juga untuk mengganti minyak rem setiap 20.000 km.

3. Ganti Air Radiator

Penggantian air radiator yang tepat dan tidak asal – asalan, menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan mobil. Hal tersebut supaya dapat menunjang performa mobil itu sendiri.

4. Cek Aki

Tips merawat mobil selanjutanya yaitu memastikan air aki pada level yang seharusnya, yaitu diantara garis batas penanda. Atau mengukur tegangan aki dengan menggunakan voltmeter.

5. Cek Ban dan Tekanan

Meski sepele, namun tekanan ban sangat penting bagi keselamatan pengendara mobil. Minimal sebulan sekali coba cek tekanan ban atau sebelum melakukan perjalanan jauh. Perhatikan juga kondisi bannya, sehingga jika menemukan sesuatu yang aneh ataupun rusak sebaiknya segera ganti.

6. Rutin Periksa Kabel dan Lampu

Demi kenyamanan dan supaya tidak terjadinya masalah ketika di jalan, rutinlah memeriksa kondisi kabel dan lampu. Coba cek apakah ada kabel yang kendur, atau bahkan putus, juga lampu yang mulai redup. Jika menemukan kerusakan dan terpaksa harus menggantinya, pilih suku cadang yang direkomendasikan pabrik.

7. Cuci Mobil

Cucilah mobil minimal seminggu sekali supaya bodi mobil tetap bersih dan kinclong dari noda. Jika jarang dicuci maka akan akan semakin sulit untuk dibersihkan. Apalagi jika mobilnya berwarna putih, maka noda akan mudah terlihat. Gunakan sabun cuci khusus mobil ketika mencuci, dan gunakan lap halus supaya tidak merusak cat. Selain itu gunakan juga penutup mobil ketika parkir supaya terhindar dari lembab dan panas.

8. Bersihkan Kaca

Cobalah rutin membersihkan kaca dengan menggunakan cairan khusus glass cleaner dan juga cek kualitas air washer. Pastikan sesering mungkin membersihkan karet pada jendelanya dari debu dan kotoran supaya tidak membuat kaca baret.

9. Bersihkan Bagian Dalam Mobil

Bersihkan bagian dalam mobil seperti joknya setelah pemakaian supaya terhindar dari perubahan warna secara cepat. Warna jok mobil bisa berubah akibat keringat maupun hal lain yang menempel. Selain itu, bersihkan juga bagian kabin dan karpetnya untuk menghindari tumbuhnya jamur.

10. Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Dan terakhir, cara merawat mobil supaya performa mesinnya lebih baik yaitu dengan menggunakan bahan bakar yang beroktan tinggi atau sesuai anjuran pabrik. Sebab, pemakaian bahan bakar yang kotor bisa mempengaruhi kinerja mesin mobil itu sendiri. Usahakan mengisi bahan bakarnya di tempat yang resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *