5 Alasan Kenapa Harga RAM Laptop di Toko Komputer Bisa Berbeda-Beda

Posted on

Membeli RAM laptop terkadang menjadi hal yang banyak dilakukan oleh seseorang yang telah memiliki laptop. Ada banyak alasan mengapa seseorang masih membeli RAM laptop, sekalipun mungkin laptop yang dipunyai sebenarnya telah memiliki kapasitas RAM yang bisa dibilang cukup. Namun, ada kalanya juga, ketika seseorang memutuskan untuk membeli RAM laptop ada hal kecil yang tidak orang perhatikan namun bisa membuat sebagian orang menyesal belakangan jika tidak teliti. Hal tersebut adalah harga RAM laptop bisa berbeda-beda antara satu toko dengan toko yang lain untuk kapasitas memori yang sama. Berikut ini beberapa alasan mengapa harga RAM laptop di toko komputer bisa jadi berbeda-beda.

  1. Mengikuti Kurs Dollar

Harga RAM laptop secara umum mengikuti nilai kurs dollar terhadap rupiah. Hal ini juga berlaku untuk banyak barang elektronik lain secara umum. Hal ini terjadi tidak lain karena RAM laptop maupun barang elektronik tersebut merupakan barang-barang yang diimpor dari luar negeri. Barang-barang ini diimpor dengan label harga yang masih menggunakan satuan dollar oleh importirnya, sehingga ketika mulai diedarkan di dalam negeri, harga RAM laptop ini harus disesuaikan dulu ke dalam rupiah untuk kemudian bisa dijual kepada para pelanggan.

Kurs dollar terhadap rupiah bisa berubah-ubah setiap waktu dan harinya. Jika di pagi hari mungkin melemah, maka bukan tidak mungkin kurs dollar akan meningkat pada sore hari. Hal ini menyebabkan seorang importir harus menyesuaikan harga RAM laptop dari dollar ke rupiah sewaktu-waktu, bahkan tanpa harus memberikan pengumuman terlebih dahulu.

  1. Rantai Distribusi

Hal ini logis dalam dunia rantai pasok perdagangan, di mana semakin panjang alur distribusi barang, maka akan semakin besar juga biaya yang diperlukan untuk mendistribusikan barang tersebut. Juga semakin banyak tangan yang menerima barang tersebut sebelum sampai kepada pelanggan, maka akan semakin meningkat harga jualnya. Hal ini juga berlaku untuk harga RAM laptop, di mana ketika RAM tersebut hanya sampai kepada beberapa tangan distributor akan berbeda harganya jika RAM laptop tersebut masih harus didistribusikan beberapa kali lagi sebelum sampai di etalase toko-toko komputer.

  1. Tipe dan Jenis RAM

RAM laptop memiliki beberapa tipe, seperti misalnya DDR1, DDR2 dan seterusnya. Hal ini mempengaruhi harga RAM laptop karena setiap tipe ini tidak sama dan tidak saling kompatibel jika dipasang pada satu laptop yang sama. Bahkan untuk tipe yang sama, jenisnya bisa jadi masih berbeda-beda. Seperti misalnya untuk RAM DDR3 pada laptop tertentu memiliki jenis RAM mini, yang ukurannya tidak sama dengan RAM DDR3 biasa, walaupun tipenya sama. Selain kedua hal tersebut, beberapa RAM laptop juga memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Semua variasi dan kombinasi teknis ini dapat menyebabkan harga RAM laptop tidak sama.

  1. Merek

Untuk tipe, jenis, frekuensi dan hal-hal teknis lainnya yang sama, harga RAM laptop juga masih bisa berbeda-beda tergantung pada merek. Sebagian merek lebih mahal daripada merek lain karena impor dari luar negeri. Sebagian merek lain, justru lebih murah walaupun juga impor dari luar negeri. Sebagian merek lagi mahal, karena berani memberikan jaminan garansi. Sebagian merek lagi memiliki harga yang berbeda tergantung dari kekuatan branding merek tersebut.

  1. Grosir vs Eceran

Beberapa toko komputer melayani pembelian grosir dan sebagiannya lagi hanya melayani pembelian eceran. Untuk pembelian grosir, pelanggan bisa mendapatkan harga yang berbeda dibandingkan jika membeli harga eceran. Atau jika sebuah toko bisa membeli grosir dengan memanfaatkan keempat faktor di atas, maka sebuah toko bisa memberikan harga RAM laptop yang berbeda dengan toko lain.

Hari ini, selain membeli dari toko-toko komputer, membeli RAM laptop juga bisa dilakukan dari toko online, seperti misalnya di Bukalapak. Di Bukalapak, tersedia berbagai jenis RAM laptop dengan harga yang bervariasi, ditambah dengan berbagai kemudahan dan keuntungan lain yang bisa jadi tidak akan ditemukan jika kita membeli dari toko komputer. Kalau ingin tahu laptop dengan RAM terbesar yang paling keren ya baca aja di artikel laptop ram besar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *