4 Cara Mudah Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Posted on

Alhamdulillah si kecil sudah mulai tumbuh dan berkembang. mengamati pertumbuhanya memang lah sangat menyenangkan, tapi kenapa tiba-tiba si kecil cegukan ya. Lantas bagaimana cara mengatasi bayi cegukan. Haruskah  ke dokter atau bagaimana. tak perlu cemas ya bunda, mengatasi bayi cegukan sebenarnya sederhana. Meski umumnya bisa membuat para orang tua kawatir, terutama yang masih pasangan muda. Memang, cegukan pada bayi berbeda dengan cegukan orang dewasa yang umumnya dianggap sepele.

Nah sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi cegukan pada bayi, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa yang jadi penyebabnya. Biar cegukan pada bayi ini tidak terulag lagi setelah kita mengatasinya.

Penyebab Cegukan pada Bayi

Cegukan tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa saja, nyatanya bayi juga sangat mungkin mengalami cegukan bahkan di usianya yang masih sangat dini. Perlu kamu ketahui, cegukan pada dasarnya bisa disebabkan oleh adanya kontraksi diafragma.

Diafragma itu merupakan lembaran besar otot yang berada di bawah paru-paru. Bersama dengan otot-otot lain tang berada di antar tulang iga membuat kita bisa bernapas. Nah saat terjadi kontraksi otot-otot tersebut maka dapat mengisap udara masuk ke paru-paru. Masuknya udara ke paru-paru dengan cepat membuat epiglottis menutup.

Epiglottis itu merupakan flap jaringan yang terletak pada tenggorokan yang bisa menutup saat kita menelan, fungsinya untuk mencegah makanan, atau minuman, atau air liur terhisap ke paru-paru. Karena terjadinya penutupan jaringan tenggorokan secara tiba-tiba inilah maka terjadilah cegukan.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Lantas bagaimana cara mengatasi cegukan yang terjadi pada bayi? Sebenarnya untuk mengatasi cegukan ini sangat;ah mudah. bahkan kita bisa menerapkan beberapa cara yang sekiranya sesuai untuk mengatasi cegukan. Apa saja itu?

  1. Berikan ASI dan biarkan bayi bersendawa

Pertama cegukan bisa diatasi dengan jalan memberikan asi dan membiarkan bayi bersendawa. Jadi silakan bunda susui bayi begitu bayi mengalami cegukan. Perlu bunda ketahui, gerakan saat menyusu bisa membantu bayi membuka diafragma menjadi lebih rileks sehingga bisa menghentikan cegukan. Baru setelah menyusui, bunda bisa biarkan bayi bersendawa untuk memberikan ruang udara yang mungkin saja terjebak di dalam perut bayi. Udara yang keluar akan menghentikan cegukan pada bayi.

  1. Atur posisi bayi

Berikutnya setelah bayi menyusui dan bersendawa, bisa juga bunda atur posisi bayi supaya dalam keadaan tegak berdiri. Bunda bisa atur dnegan jalan menggendong bayi. Bisa pula bunda atur dengan cara menepuk-nepuk lembut belakang bayi. Hal ini bisamembantu keluar udara yanga da di dalam paru-paru dan menghentikan cegukan pada bayi.

  1. Beri sesuatu untuk dihisap

Berikutnya bisa pula bunda atasi cegukan pada bayi dengan memberikanya sesuatu yang bisa dihisap. Bisa bunda berikan dot, empeng, atau puting ibu. Memberikan sesuatu untuk di hidap bayi dipercaya bisa menghentikan cegukan pada bayi. Hal ini karena gerakan mulut dan tiupan perut bayi bisa merangsang sendawa, lalau kemudian bisa menghentikan cegukan pada bayi.

  1. Bawa bayi ke tempat yang hangat

Lebih lengkap lagi bila bunda ajak bayi ke tempat yang lebih hangat. Lebih baik hindari ruangan berac, sebab suhu yang dingin bisa menyebabkan bayi cegukan. Temperatur badan bayi yang dingin adalah penyebabnya.

Nah itulah beberapa cara mengatasi bayi cegukan. Silakan bunda pilih salah satu yang tepat. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *