3 Skill yang Kamu Butuhkan untuk Ngeblog

Posted on

Profesi sebagai blogger atau gampangnya profesi ngeblog itu sebenarnya sama seperti profesi lainnya yang mana juga memerlukan keterampilan tertentu untuk menyelesaikan pekerjaan yaitu membuat artikel menjadi lebih mudah dan cepat.

Hal pertama dan satu-satunya yang harus kamu miliki untuk kegiatan ngeblog atau blogging, minimal adalah keterampilan menulis.

Kamu tidak perlu menjadi penulis-penulis atau blogger-blogger terkenal, tetapi kamu harus menemukan dan memiliki gaya penulisan yang mudah dipahami, nyambung ke semua orang, dan pasti unik atau berbeda.

Itulah faktor kunci untuk kita bisa menjadi blogger dan ada sisa 2 keterampilan lainnya yang harus kamu miliki sebagai blogger.

Dalam blogging, blogger yang baik biasanya membuat beberapa artikel dengan menyisipkan gambar, video, atau infografis lainnya yang mana sebagai alat bantu mengartikan tujuan artikel yang sedang dibaca.

Sekarang pertanyaannya, apakah semua itu cukup untuk menarik pengunjung agar mengunjungi blog kamu?

Menurut saya itu saja belum cukup karena ada beberapa kemampuan dasar yang bisa kamu gunakan untuk menarik lebih banyak pengunjung ke blog kamu.

Kalau kalian ingin menulis untuk mendapatkan banyak pengunjung yang membaca dan menyukai artikel kamu, bisa saja mengikuti saran saya tentang kemampuan dasar untuk ngeblog.

Jika pengunjung blog kamu menyukai artikel-artikel yang kamu tulis, pasti mereka akan kembali lagi untuk membaca artikel bagus lainnya.

Dengan begitu, kamu bisa saja mendapatkan predikat blogger dengan artikel terkeren, dan karena memang banyak pengunjung yang datang ke blog kamu, bisa dipastikan penghasilan Adsense kamu akan meningkat juga.

Keterampilan Ngeblog yang Harus Kamu Miliki

keterampilanblogger

Keterampilan Membaca

A good blogger should have a good reader before.

Seperti yang kita ketahui kalau membaca adalah bagian terbesar dari kegiatan ngeblog dan kegiatan lainnya.

Sebagau blogger, kita harus membaca sebuah topik tentang artikel yang akan kita tulis dengan pemahaman yang cukup bagus baik dari buku-buku, blog orang lain, atau situs-situs lain sampai benar-benar memahami tentang topik tersebut.

Setelah itu, kita bisa menuliskan poin-poin yang akan dibuat artikelnya dan bisa digabungkan dengan pendapat pribadinya atau tentang apa-apa yang kita mengerti ketika membaca topik tersebut dari berbagai sumber.

Terakhir, tinggal modifikasi kalau memang diperlukan dan bisa langsung dipulikasikan kepada publik.

Selain itu, keterampilan membaca tidak hanya akan membantu kita untuk memahami sebuah informasi, tetapi juga bisa membuka wawasan kita dan sudut pandang yang lebih luas, dan paling penting adalah kalian bisa gunakan sebagai pekerjaan menjadi blogger.

Karena tugas blogger adalah untuk mengkomunikasikan segala informasi dan sudut pandang yang benar.

Keterampilan Mendengar

Keterampilan kedua yang kalian butuhkan untuk menulis sebuah artikel adalah keterampilan mendengar atau menyimak.

Seorang blogger harus menjadi pendengar yang baik, bukan hanya mendengar.

Ada perbedaan yang besar antara mendengarkan dengan mendengar.

Mendengarkan adalah ketika kita diharuskan untuk dengarkan sesuatu dengan hati-hati, penuh konsentrasi dan pemahaman yang tinggi.

Kalau mendengar hanya mendengar sesuatu tanpa konsentrasi.

Nah, dari situ jika seorang blogger mendengarkan apa topiknya, maka dia akan mendapatkan pengetahuan yang lebih besar, jadi artikel yang akan ditulis menjadi lebih bagus dan mendetail dari informasi yang dia dengarkan dengan sungguh-sungguh.

Keterampilan Menulis

Setelah mendapatkan atau memiliki kemampuan membaca juga mendengarkan, seorang blogger juga diharuskan memiliki keterampilan menulis sebuah artikel yang baik.

Tulisan adalah bagian utama dan terpenting dalam sebuah blog.

Kalau kita menulisnya kurang baik, maka peluang untuk mendapatkan pengunjung akan berkurang dan tentu ini juga bisa berbanding lurus dengan penghasilan yang didapatkan.

Untuk kalian yang ingin memiliki keterampilan menulis yang baik, terlebih dahulu lakukan konsentrasi pada kata-katanya, lalu konsentrasi ke kalimatnya, dan terakhir berkonsentrasi pada paragrafnya.

Artinya, kita harus memperhatikan dengan betul tentang kata-kata yang akan kita tulis, kemudian kita periksa pada kalimatnya apakah sudah enak dibaca, dan terakhir ke paragraf apakah sudah pas dan tidak ada kesalahan kata atau penulisannya.

Setelah itu, kalau kalian menggunakan gambar, video, dll, cek kembali apakah letaknya sudah sesuai dengan paragraf yang dituju, misalnya paragraf menjelaskan arti kapal tetapi gambarnya berada dibawah sendiri, kan kurang enak dibacanya.

Kalau sudah semua tinggal baca ulang artikel yang kita tulis, dan kalau sudah enak dibaca maka tinggal kita publikasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *