7 Cara Menghemat Baterai Hape Paling Efektif

Mengapa kita perlu menghemat baterai? Mengurangi penggunaan energi bisa membantu bumi jadi lebih sehat untuk ditinggali. Tidak hanya itu, hemat energi bisa membantu kita menghemat lebih banyak uang. Walaupun kamu bisa men-charge hpmu berkali-kali, atau mungkin kamu bisa memanfaatkan power bank karena harga power bank Samsung atau merk lainnya sangat terjangkau, kamu tetap harus berusaha menghemat energi sebanyak mungkin karena sangat berarti dalam membantu menciptakan bumi yang nyaman untuk ditinggali.

Selain rajin mematikan lampu di rumah yang tidak dibutuhkan dan tidak membiarkan berbagai elektronik di rumah menyala sepanjang hari atau sepanjang malam, kamu juga bisa menghemat energi melalui hal-hal yang kecil seperti mengurangi intensitas charge hape.

Tidak hanya bisa membantu menghemat, hemat dan irit saat menggunakan smartphone juga bisa membantu kamu menjaga agar baterai smartphone tetap awet dan sehat. Sehingga, smartphone pun bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Cara Paling Efektif untuk Menghemat Baterai Hape

Berikut adalah beberapa alternatif cara yang bisa kamu coba untuk menghemat baterai smartphone-mu agar lebih awet dan tahan lama.

Kurangi Kecerahan Layar

Banyak di antara kita yang lebih suka melihat layar hp yang cerah karena gambar-gambar maupun teks akan terlihat lebih jelas. Tapi sayangnya, layar yang terlalu cerah tidak hanya dapat menyebabkan mata mudah lelah dan menyebabkan kepala cepat pusing, melainkan dapat juga menyebabkan hp cepat lowbat.

Semakin tinggi kecerahan layar hp, maka akan semakin banyak energi yang dibutuhkannya. Begitu juga dengan ukurannya, semakin besar ukuran layar hp, maka tenaga yang dibutuhkan pun akan semakin banyak.

Nah, mulai saat ini biasakan menyeting display smartphone pada mode Auto brightness agar smartphone bisa menyesuaikan kecerahan layar dengan lingkungan di sekitarnya.

Jangan Nyalakan HP Apabila Tidak Dibutuhkan

Ada berapa banyak di antara kamu yang sering iseng atau selalu pengen buka hp padahal tidak ada notifikasi atau pesan yang masuk? Kebiasaan menyalakan hp ketika tidak dibutuhkan sudah menjadi kebiasaan banyak orang saat ini.

Kebiasaan tersebut dipicu karena banyak diantara kita sudah kecanduan hp. Sehingga sedikit-sedikit pengen buka hp, pengen liat notif, pengen cek FB, dll.

Merubah kebiasaan memang tidak mudah. Tapi kalau kamu mau, biasakan diri untuk tidak menyalakan hp ketika tidak ada notifikasi atau ketika tidak ada hal penting yang harus dilihat di hp. Ini akan sangat berguna untuk menghemat energi.

Kebiasaan ini juga akan membantu menjaga agar matamu lebih sehat. Karena sering melihat layar hp terbukti (perlahan namun pasti) dapat menyebabkan gangguan penglihatan (mata-minus).

Jangan Gunakan Power Bank Abal-Abal

Power bank palsu bisa menyebabkan hp dan baterainya mudah rusak. Bagi kamu yang sering mengandalkan power bank, belilah hanya produk yang asli dari merek-merek terkenal seperti Samsung. Harga power bank Samsung saat ini tidak terlalu mahal dan cukup terjangkau. Bersaing ketat dengan power bank dari merek-merek terkenal lainnya.

Hindari Menggunakan HP Terlalu Lama hingga Kepanasan dan Hindari Meletakkan HP di Tempat yang Panas

Kondisi yang panas akan menyebabkan kemampuan maksimum baterai hp menurun secara perlahan. Menurut penelitian, hp yang sering mengalami kepanasan sampai 35 derajat Fahrenheit atau sering ditempatkan di tempat-tempat yang panas akan mengalami penurunan kapasitas hingga 6% per tahun. Kondisi tersebut akan meningkat apabila hp sering ditempatkan di tempat-tempat yang lebih panas. Jadi mulai saat ini,

  • Hindari kebiasaan menggunakan hp sambil dicas
  • Hindari meletakkan hp di dashboard mobil di siang hari
  • Hindari meninggalkan hp di mobil
  • Hindari meletakkan hp di jok motor

Matikan Koneksi yang Tidak Dibutuhkan

Berikut adalah beberapa koneksi radio yang bisa kamu nonaktifkan saat tidak dibutuhkan.

  • Jaringan LTE jika kamu tidak sedang download, menonton video resolusi tinggi di YouTube, dan melakukan video call
  • Matikan WiFi
  • Bluetooth
  • NFC
  • GPS

Hindari Mengecas Baterai Semalaman atau Membiarkannya Baterainya hingga 0%

Mengecas baterai semalaman hingga 100%, atau sebaliknya menggunakan hp hingga baterai habis sama sekali (0%), kedua-duanya berpotensi menyebabkan baterai hp cepat soak. Apabila baterai hp cepat habis, otomatis kamu pun akan jadi lebih sering ngecas dan lebih banyak membuang energi.

Aktifkan Fitur Saving mode di Malam Hari

Sama seperti manusia, perangkat elektronik juga membutuhkan waktu untuk beristirahat dan bersantai. Agar baterai bisa awet, setting-lah agar hp masuk ke Saving mode di malam hari. Misal, antara pukul 21.00 hingga pukul 05.00 pagi atau pukul 06.00 pagi, tergantung dari kebiasaanmu.

1 thought on “7 Cara Menghemat Baterai Hape Paling Efektif”

Leave a Comment