Syarat Nikah Siri yang Harus Diketahui 2017 - Dirga

Syarat Nikah Siri yang Harus Diketahui 2017

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Syarat Nikah Siri – Artikel kali ini tentang bagaimana syarat nikah siri yang harus dilakukan sebelum menghubungi penghulu atau wali hakim nikah siri dan juga tentang bagaimana menjalani pernikahan yang sesuai syariat Islam tetapi mendapatkan kendala untuk melakukan pernikahan di kantor urusan agama (KUA).

Syarat Nikah Siri dan Cara Melakukan Nikah Siri

Satu aspek terpenting dalam pernikahan bukannya agama yang dianut, dimana tempat menikahnya, atau kapan nikahnya. Tetapi, aspek penting dalam pernikahan adalah dengan siapa Anda menikah. Buat apa kalau ada tempat dan waktu untuk menikah namun tidak ada yang mau diajak nikah. Ya nggak? Kayak yang baca, nih. Namanya jodoh hanya ada di Tangan Allah SWT.

Ketika sudah mendapatkan aspek penting tersebut, baru Anda dapat memikirkan apakah seagama, ingin menikah dimana, atau kapan waktu yang tepat untuk menikah. Ada juga yang memikirkan soal prosesi yang dijalani itu bagaimana, mau yang prosesi cepat, atau yang lambat.

syarat nikah siri

Biasanya yang sering soal pemilihan begini dari adat jawa, dan tidak sedikit adat lain yang mengikuti. Waktu menikah menjadi hal yang benar-benar harus diperhatikan karena tanggal ada tanggalan jawa, tanggalan Islam, dan tanggalan masehi dimana masing-masing tanggalan memiliki “mitos” yang berbeda. Tetapi, kadang hanya dilihat dari tanggalan jawa atau Islam saja. Kalau bisa jangan menikah di tanggal tua nanti dapat buwuhannya dikit. Canda.

Unsur pernikahan selanjutnya soal tempat. Kalau menurut penulis, masalah tempat ini melihat masalah keuangan keluarga. Tidak perlu memaksakan tempat yang mewah dan bagus hanya demi gengsi kalau kondisi ekonomi tidak terlalu bagus. Toh, nikah itu ibadah jadi tidak perlu dipamerkan secara berlebihan. Meskipun tidak ada yang melarang untuk menyelenggarakan pesta pernikahan yang mewah.

Dan, terakhir adalah soal prosesi. Prosesi ini juga melihat kondisi keuangan. Kalau prosesi lengkap agak mahal, kalau hanya sekedar prosesi biasa tidak sampai jual rumah. Proses lengkap kalau adat jawa itu kalau tidak salah ada hanomannya itu sampai download mantu atau ngunduh mantu.

Syarat Nikah Siri

  1. Syarat nikah siri yang pertama adalah calon mempelai pria atau wanita harus sama-sama menganut agama Islam. Bilamana ada yang beragama lain, bersedia untuk mengganti kepercayaannya ke agama Islam dengan mengucapkan dua kalimat Syahadat pas ketika sebelum melakukan pernikahan.
  2. Syarat nikah siri yang kedua adalah calon mempelai wanita yang memiliki status janda dan sudah lewat masa idahnya. Akan lebih baik kalau ada surat cerainya. Tetapi, bilaman tidak dapat menunjukkan surat cerai karena ditinggal oleh suami karena suatu hal, wali hakim akan meminta pengakuan dalam bentuk lisan dari calon mempelai wanita akan statusnya sekarang. Pengakuan ini akan disaksikan oleh calon mempelai pria dan para saksi, oleh karenanya pengakuan ini sifatnya mengikat dan menjadi tanggung jawab dari calon wanita kelak di yaumul kiamah.
  3. Syarat nikah siri yang ketiga adalah calon mempelai pria belum memiliki 4 istri atau lebih, sudah berusia minimal 26 tahun, dan sudah memiliki penghasilan (bekerja/usaha).
  4. Syarat nikah siri yang keempat adalah calon mempelai wanita masih berstatus gadis, berusia minimal 40 tahun dan tidak tinggal serumah, lepas memenuhi hukum syariah dari wali nasab-nya dan atau punya alasan yang kuat untuk dinikahkan oleh wali hakim.
  5. Syarat nikah siri yang terakhir adalah memperlihatkan mahar yang akan diberikan ketika ijb qobul.

Sekian adalah artikel soal syarat nikah siri agar sesuai syariah yang harus dijalankan ketika ingin memutuskan untuk melakukan nikah siri. Adapula persyaratan nikah lainnya yang bisa dibaca di artikel lainnya.

Share.

Comments are closed.