Menjadi Desainer untuk Renovasi Rumah Sendiri, Kenapa Tidak?

Posted on

Hunian lama dapat Anda ubah menjadi rumah dengan desain yang lebih cantik dan nyaman. Membuat desain baru untuk rumah lama Anda dapat menjadi solusi jika Anda sudah merasa bosan dengan model rumah yang sedang Anda tempati. Tanpa menggunakan jasa desainer interior pun dapat membuat desain sendiri untuk menjadi lebih baru dan segar.

Untuk membuatnya terlihat lebih punya nilai, lebih baik jika ada sedikit bagian rumah yang dibiarkan tanpa ikut direnovasi.

Berikut adalah beberapa tips mendesain rumah lama agar terlihat lebih baru dan menarik.

Tips Mendesain Rumah Lama

1. Mengganti Warna Rumah

Setiap hari melihat warna rumah yang itu-itu saja, lama-kelamaan akan membuat Anda merasa bosan. Cobalah dengan mengganti warna cat agar Anda tidak merasa bosan dengan rumah Anda. Bisa memilih cat luar dengan warna putih untuk memberi kesan rumah baru yang lebih bersih. Cat yang semakin lama terlihat kotor jika diganti dengan warna putih bersih tentu akan menjadi pemandangan baru yang lebih segar. Sementara itu bagian dalam rumahnya dapat dipilih sesuai selera Anda sendiri. Untuk yang kalem bisa menggunakan warna-warna monokrom, dan untuk Anda yang ceria orangnya dapat mengganti cat dalam rumah dengan warna-warna pelangi. Buat setiap ruangan memiliki warna yang berbeda agar mendapatkan suasana yang berbeda-beda dalam satu rumah.

2. Mengubah Posisi

Agar penghuni rumah tidak merasa jenuh, sebaiknya rutin untuk mengubah posisi benda pada suatu ruangan. Misalnya yang menghadap barat bisa dihadapkan ke utara atau arah lain untuk mendapatkan sudut baru yang tidak membosankan. Atau jika barang-barang di ruangan Anda sudah sangat banyak, Anda bisa mengganti posisi barang yang di bawah pindah ke penempatan yang vertikal. Meletakan benda di rak tembok atau penyimpanan vertikal lain dapat membuat ruangan Anda terlihat baru dan lebih longgar.

3. Perbanyak Pemandangan Hijau

Untuk merenovasi rumah supaya terlihat semakin segar, Anda dapat menambahkan taman atau kolam di sekitar rumah. Pembuatan taman di rumah akan membantu pencapaian target ruang hijau yang kebanyakan daerah baru mampu mencapai 10% dari target. Untuk rumah dengan lahan terbatas dapat memanfaatkan taman vertikal yang sekarang sedang tren di masyarakat. Menggunakan tembok keliling sebagai taman mampu menambah kesegaran di lingkungan rumah Anda. Jika bisa tempatkan juga tanaman dalam rumah untuk menghijaukan suasana salah satu ruangan Anda.

4. Mengganti Ruangan

Tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba mengganti ruangan lama untuk dijadikan ruangan baru. Mungkin Anda bosan memiliki kamar di belakang, maka cobalah untuk pindah kamar ke ruangan depan dengan mengganti fungsi ruang lain. Untuk ruangan yang terasa sempit dapat diganti dengan mengubah sekat dan jangan menggunakan tembok. Bisa juga membiarkan dua fungsi ruang berada dalam satu atap ruang yang sama. Hal yang perlu diperhatikan adalah fungsi ruangan yang tidak akan mengganggu fungsi ruang lainnya. Seperti menggabungkan dapur dengan ruang makan sehingga Anda bisa membuat ruangan lebih luas dan tidak terlalu banyak sekat.

5. Menempatkan Pajangan Baru

Ini yang paling mudah untuk Anda lakukan terhadap ruangan yang membosankan. Turunkan pajangan dan foto lama yang sudah tidak lagi menarik. Anda dapat mengganti foto lama dengan foto terbaru yang dimiliki, jika ada pilihlah foto traveling yang sudah Anda lakukan. Sedangkan untuk pajangan lain dapat Anda cari di toko, cobalah mengganti konsep pajangan Anda. Seperti yang tadinya klasik menjadi pajangan dengan konsep modern atau konsep lainnya.

Itulah beberapa tips sederhana untuk merenovasi rumah tanpa desainer interior. Anda dapat membuat renovasi yang lebih baik dari desainer interior karena Anda sendiri yang langsung menilai kekurangan apa yang membuat rumah menjadi membosankan dan untuk referensi tambahan Anda bisa mencarinya di internet atau ke rumah hokie lebih praktis.