Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli PC Rakitan

Posted on

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli PC Rakitan – Kehadiran beragam merek laptop yang ada saat ini tidak membuat PC hilang begitu saja. Hal ini dikarenakan laptop bisa dibawa kemana-mana dan cocok untuk orang yang suka bepergian setiap harinya. Sedangkan PC dibutuhkan oleh orang yang sering berada di rumah dan jarang bepergian. Selain itu, kelebihan menggunakan PC seperti spesifikasi yang hebat dan biaya PC rakitan lebih murah dibanding laptop. Jadi sebaiknya jangan ragu membeli PC rakitan bagi anda yang membutuhkan PC di rumah. Tapi tunggu dulu, jika anda sudah memutuskan untuk membeli PC, sebaiknya ketahui hal-hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu berikut ini.

Perhatikan Prosesor PC

Dari banyaknya komponen pada PC, ada satu komponen yang sangat penting karena merupakan otak dari kinerja komputer. Tanpa adanya prosesor di dalam CPU, maka komputer tidak akan bisa digunakan. Jadi saat memilih prosesor harus bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehar-hari. Misalkan nantinya hanya akan digunakan untuk pekerjaan yang ringan seperti microsoft office sebaiknya gunakan prosesor i3. Sedangkan jika digunakan untuk pekerjaan yang berat seperti desain bisa menggunakan prosesor i5 atau i7.

Perhatikan Kapasitas RAM

Komponen kedua yang harus diperhatikan adalah random access memory atau disingkat RAM. Fungsi dari RAM adalah menyimpan data secara sementara dan random saat anda sedang menjalankan aplikasi. Jadi perhatikan kapasitas RAM, semakin banyak aplikasi yang dijalankan maka kapasitasnya harus semakin besar. Dan yang terpenting, RAM yang dibeli harus support dengan motherboard agar kinerja PC berjalan dengan lancar.

Perhatikan Kapasitas Hardisk

Komponen berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah hardisk yang berfungsi menyimpan semua data yang terdapat pada PC. Dengan adanya hardisk, anda bisa menyimpan data seperti dokumen penting, gambar, video, games, dan aplikasi lainnya. Jika data anda sangat banyak, sebaiknya pilih hardisk dengan kapasitas besar mulai dari 1 Terabyte. Sedangkan jika data yang dimiliki sedikit, pilihlah hardisk berukuran kecil mulai dari 320 Gigabyte.

Pilih Monitor yang Tepat

Selain ketiga komponen diatas, ada satu lagi yang harus diperhatikan ketika membeli PC rakitan yaitu monitor. Komponen satu ini berfungsi menampilkan semua aplikasi yang dijalankan oleh anda. Biasanya monitor berlayar besar digunakan untuk pekerjaan yang berat seperti aplikasi Photoshop sehingga lebih nyaman berlama-lama di depan komputer. Sedangkan untuk pekerjaan ringan seperti Microsoft Office, pilihlah monitor yang berukuran sedang atau kecil. Apalagi sekarang harga monitor komputer bervariasi yang bisa disesuaikan oleh keuangan anda. Jika Anda mencari monitor murah yang berkualitas, MatahariMall bisa menjadi tempatnya.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli PC rakitan untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi perhatikan keempat hal diatas dan dapatkan PC rakitan berkualitas dan tahan lama.

6 thoughts on “Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli PC Rakitan

  1. Dari kesemua poin diatas, ada satu lagi poin paling penting selain duit. Setidaknya kita paham akan komputer. Jadi gak akan ketipu dengan mulut gak beres penjual jkkomputer yang nakal, terutama penjual yang suka melebih lebihkan dagangan tapi sebenernya produknya payah.

    Btw, bagus mas tulisannya 🙂

    1. Itu sih yang utama, tetapi ya mungkin semua orang tahu itu mas. Benar sekali, sodara saya juga pernah kerja jadi teknisi komputer di salah satu toko di mall, dan rata-rata tidak sedikit yang curang.

      Terima kasih mas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *