Cara Membuat Paspor 2017 Tanpa Calo

Posted on

cara membuat paspor 2017

Cara Membuat Paspor 2017 – Saat ini, untuk masyarakat yang semakin banyak memiliki kepentingan untuk ke luar negeri, seperti untuk liburan, kuliah, tugas negara, umroh dan haji, atau kepentingan lainnya, tentu memerlukan sebuah paspor, dimana paspor ini sebenarnya dapat dengan mudah didapatkan di kantor imigrasi. Di kantor imigrasi, mas dan mbaknya dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti ingin membuat paspor, dan melakukan pergantian paspor ketika paspor tersebut rusak atau hilang.

Mendengar kata paspor dan kantor imigrasi, tentu pikiran banyak orang akan terkesan ribet dan antri panjang, dimana ujung-ujungnya akan menggunakan calo. Sebenarnya, cara membuat paspor tanpa calo itu bisa dibilang mudah, dan pasti sedikit membutuhkan ekstra kesabaran ketika datang ke kantor imigrasi. Belum lagi, semakin kesini, layanan kantor imigrasi kabarnya dilakukan perubahan terkait dengan SOP pelayanan yang diharapkan dapat menjadi lebih tanggap, dan lebih efisien, karena memang kebutuhan akan paspor ini bisa dibilang sangat banyak.

Cara Membuat Paspor 2017

Untuk mas dan mbaknya yang berada di daerah kabupaten atau pinggir kota yang jauh dari kantor imigrasi, bisa datang lebih pagi untuk mengantisipasi keramaian yang selalu terjadi di kantor imigrasi. Sebelum ke kantor imigrasi, sebaiknya mas dan mbaknya mempersiapkan berbagai macam dokumen untuk mengurus paspor, kalau bisa dilebihkan agar tidak bingung bolak-balik.

Dokumen yang harus dipersiapkan untuk persyaratan membuat paspor baru diantaranya :

  1. KTP atau e-KTP Asli dan Fotokopi.
  2. Kartu Keluarga terbaru Asli dan Fotokopi.
  3. Akte Kelahiran / Surat Nikah / Ijasah Terakhir Asli dan Fotokopi.

Selain 3 dokumen diatas, untuk mas dan mbaknya yang ingin membuat paspor baru karena hilang, dapat dilengkapi dengan adanya Surat Keterangan Kehilangan dari kepolisian setempat. Atau, untuk mas dan mbaknya yang ingin membuat paspor karena ada sebuah tugas, harus ditambahkan dengan Surat Rekomendasi atau Surat Ijin dari pimpinan atau penyelenggara.

Nah, bagaimana kalau mas dan mbaknya tidak bisa mengambil paspor karena sesuatu hal seperti habis diputus pacar atau sedang pms, bisa diwakilkan oleh kerabat atau keluarga dengan membawa Surat Kuasa.

Adapula saya sertakan bagaimana alur mengurus paspor di kantor imigrasi :

  1. Mengambil kartu antrian di dalam bagian Layanan dan Informasi.
  2. Mengambil formulir Surat Perjalanan Republik Indonesia dan kemudian isi dengan lengkap sesuai syarat membuat paspor.
  3. Selanjutnya, membuat surat pernyataan pembuatan paspor diatas sebuah materai.
  4. Setelah selesai mengisi formulir dan membuat surat pernyataan, alur berikutnya adalah menunggu giliran dipanggil oleh petugas di bagian Layanan dan Informasi untuk pengecekan dokumen dan persyaratan membuat paspor. Bila sudah lengkap maka mas dan mbaknya bisa langsung menunggu untuk wawancara dan foto.
  5. Ketika sudah dipanggil, silahkan datang ke bagian petugas sesuai arahan dari informasi dengan membawa dokumen persyaratan membuat paspor 2017 beserta fotokopiannya.
  6. Setelah itu, mas dan mbaknya akan diwawancarai mengenai maksud dan tujuan untuk membuat paspor. Biasanya untuk yang ingin umroh atau haji harus dilengkapi dengan tiket perjalanan dari biro yang digunakan.
  7. Usai mengecek dokumen, akan dibawa ke bagian foto. Di sesi foto juga seperti di sesi wawancara, akan ditanyakan kembali maksud dan tujuan untuk membuat paspor. Setelah itu, petugas akan mencocokkan data yang ada dan kalau sudah benar akan lanjut foto dan pengambilan sidik jari.
  8. Habis foto dan pengambilan sidik jari, petugas akan memberikan kwitansi untuk segera dilakukan pembayaran lewat Bank atau transfer ATM. Biaya membuat paspor sekarang ini bisa dilihat dibawah ini :
    Paspor Biasa 48 Halaman Untuk WNIRp. 355.000,- 
    Paspor Biasa 48 Halaman Untuk WNI Pengganti yang hilang yang masih berlakuRp. 655.000,- 
    Paspor Biasa 48 Halaman Untuk WNI Pengganti yang rusak yang masih berlakuRp. 355.000,-
    Paspor Biasa 24 Halaman baru untuk WNIRp. 55.000,-
    Paspor Biasa 24 Halaman Pengganti habis berlaku untuk WNIRp. 155.000,- 
    Paspor Biasa 24 Halaman Pengganti yang hilang yang masih berlakuRp. 255.000,-
    Paspor Biasa 24 Halaman Pengganti yang rusak yang masih berlakuRp. 155.000,- 
  9. Selesai, dan menunggu biasanya 3 hari kerja untuk mendapatkan paspor setelah melakukan pembayaran.

Itulah, cara membuat paspor 2017 yang bisa saya paparkan. Mungkin akan ada perbedaan biaya di masing-masing daerah dan alurnya. Dan, kalau mas dan mbaknya ingin membuat paspor untuk bulan madu, sebaiknya membaca artikel persyaratan nikah 2017 terlebih dahulu sebelum menikah dan bulan madu.