Cara Aman Berfoto dengan Komodo

Posted on

Cara Aman Berfoto dengan Komodo – Saat berkunjung ke Pulau Komodo memotret naga terakhir alias komodo jadi salah satu kegiatan lazim yang dilakukan wisatawan.

Namun, sebelum berfoto bersama naga purba ini, sebaiknya Anda simak dahulu tipsnya yang akan saya ulas disini.

Anda pasti pernah dengar, ada berita tentang turis yang digigit saat tengah memotret komodo di Kampung Komodo, Pulau Komodo, NTT. Anda pasti pernah dengar, ada berita tentang turis yang digigit saat tengah memotret komodo di Kampung Komodo, Pulau Komodo, NTT.

Tips Foto Bersama Komodo yang Aman

cara foto dengan komodo
Sumber : Telegraph.co.uk

Agar kejadian yang kurang menyenangkan tersebut tak terjadi lagi, alangkah baiknya Anda bisa mempraktekkan tips berikut ini:

1. Harus Ditemani Ranger

Berkeliling di Pulau Komodo ataupun Pulau Rinca, Anda harus ditemani oleh ranger lokal yang sudah paham betul dengan keadaan sekitar dan bagaimana melindungi diri dari komodo, jika suatu waktu hewan itu menyerang.

2. Jangan Terlalu Banyak Gerakan

Komodo sangat sensitif dengan bau dan gerakan.  Alangkah baiknya saat bertemu dengan komodo jangan membawa terlalu banyak barang yang ditenteng. Nah, ketentuan jangan jangan terlalu banyak gerakan juga berlaku saat Anda berfoto.  Anda sebaiknya tidak membuat banyak gerakan atau menimbulkan banyak gerakan mendadak, terlebih jika ada barang sampai terjatuh tiba-tiba, karena dikhawatirkan komodo akan mengiranya sebagai makanan.

3. Jaga Jarak

Ranger biasanya akan memberitahu wisatawan untuk berdiri dengan jarak sekitar 2 sampai 3 meter dari lokasi komodo.

4. Antisipasi untuk Wanita yang Sedang Haid

Berhubung komodo sensitif terhadap bau darah, buat traveler wanita sebaiknya tidak berkunjung ke Pulau Komodo saat sedang datang bulan.  Tapi jika sudah terlanjur berangkat ke sana, ada sejumlah cara yang bisa dicoba agar tetap aman. Biasanya antisipasi cewek kalau lagi datang bulan, patokannya sama arah angin. Kalau kita berdiri terus arah anginnya menuju komodo itu dihindari.

5. Datanglah di Pagi Hari

Komodo adalah hewan yang aktif di pagi hari. Mereka biasanya sudah berkeliaran untuk mencari mangsa dari pikul 07.00 sampai 09.00 WITA.  Setelah mereka berburu, mereka biasanya menjemur diri. Jika datang lebih siang, besar kemungkinan tidak bertemu dengan komodo.

Tanggal Terburuk Berkunjung ke Pulau Komodo

Yuk! Kita bahas sekilas tentang Pulau Komodo. Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara yang merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat.

Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di Bulan Agustus – September, Sebaiknya Tak ke Pulau Komodo

Wah kenapa nih kok enggak boleh ke Pulau Komodo saat bulan Agustus – September?

Berdasarkan berita yang dilansir dari Detik.com, bulan Agustus adalah musim kawin, sedangkan bulan September adalah puncak-puncaknya, di mana musim komodo betina bertelur. Saat musim kawin komodo akan masuk lebih dalam ke hutan. Para jantan akan berlomba-lomba mencari dan bertarung untuk mendapatkan si betina.

Saat musim kawin, komodo akan masuk ke wilayah hutan yang lebih dalam. Mereka menghindari makhluk lain, dan di sanalah akan banyak duel sesama komodo jantan.

Ketika duel, komodo akan saling menyerang dengan kuku. Kukunya cukup tajam mampu membuat luka cukup parah. Asal tahu saja, perbandingan komodo jantan dan betina itu tiga banding satu, makanya mereka bersaing.

Jika berbicara tentang komodo jantan dan komodo betina, bagaimana membedakan keduanya?
Komodo yang punya banyak bekas cakaran, itu artinya komodo jantan. Luka bekas cakaran itu didapat dari duel sesama komodo jantan untuk mendapati si betina saat musim kawin.

Baik komodo jantan dan betina, saat berburu mangsa pun sama-sama sangar saat berburu. Liurnya sama-sama mengandung bakteri mematikan dan giginya setajam gigi hiu.

Destinasi andalan Taman Nasional (TN) Komodo :

● Loh Buaya

Merupakan pusat persebaran komodo di Pulau Rinca. Untuk menuju pulau ini, Anda hanya perlu naik kapal dari Labuan Bajo dengan waktu tempuh sekitar 2 jam tergantung kondisi laut saat itu.

● Pantai Pink

Kepopuleran Pantai Pink tak lepas dari fenomena yang terjadi di pantai ini, yaitu pasir pantai yang berwarna pink atau merah muda. Kabarnya, warna pink pada pantai ini berasal dari karang berwarna pink yang banyak bertebaran di sekitar pantai.

● Gili Laba

Gili Laba, sebuah bukit yang terdapat di suatu pulau dengan pemandangan laut dan bukit yang memesona.

● Kampung Wisata Komodo

Desa ini bernama Desa Komodo, terletak di bagian terluar Kabupaten Manggarai Barat dan dihuni oleh lebih dari 1.700 orang. Di desa ini Anda bisa melihat aktivitas warga seperti membuat patung komodo yang nantinya akan dijual untuk oleh-oleh wisatawan. Konon kabarnya, warga di kampung wisata Komodo ini bisa berbicara langsung dengan komodo.

Lagi cari tiket promo untuk ke traveling ke Taman Nasional Komodo? Dapatkan di Reservasi.com, diskonnya hingga Rp1 Juta lho. Tak hanya menyediakan tiket pesawat saja, namun ada juga hotel-hotel murah, seperti hotel murah di Bogor www.resevasi.com.

2 thoughts on “Cara Aman Berfoto dengan Komodo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *