Blog yang Baik Itu Seperti Apa?

Posted on

Blog yang Baik yang Bikin Nyaman – Pernahkah mas dan mbaknya mengunjungi sebuah blog dan disitu mas dan mbaknya merasakan kenyamanan yang amat sangat?

Atau pernahkah mas dan mbaknya datang ke blog orang terus disitu mas dan mbaknya ingin segera mengarahkan arah kursor ke tanda (X) di ujung tab?

blog yang baik

Ada banyak alasan kenapa muncul perasaan seperti itu. Perasaan yang dirasakan ketika datang ke sebuah tempat.

Tidak sedikit pemilik blog atau web masters mencoba membuat website atau blog mereka menjadi berwarna dan atraktif dengan menampilkan banyak sekali animasi, video, dan lainnya.

Blog mas dan mbaknya masih seperti itu? Pfftt. .

Mas dan mbaknya mengerti pengunjung blognya itu nyaman dengan hal-hal seperti itu? Tidak?

Berikut faktor yang mempengaruhi kenyamanan pengunjung blog dan akan berdampak pada anggapan kalau blog mas dan mbaknya adalah blog yang baik.

Blog yang Baik Mengandung Faktor Berikut

Ada 3 yang utama kalau menurut aku. Kalau menurut mas dan mbaknya ada lagi, silahkan komentar saja, gratis kok.

#1. Kecepatan Blog

Menurut aku pribadi, membuka sebuah website atau blog lalu loadingnya lama, langsung saja tutup. Buka yang lain.

Mas dan mbaknya tentu pernah menghadapi seperti itu. Kecuali memang artikel di blog tersebut dirasa mas dan mbaknya penting.

Tetapi, ya tetap saja, kecepatan membuka website atau blog yang lama akan membuang-buang waktu. Sembari menunggu, buka sosial media, terus lupa kerjaannya.

Maksimal untuk aku website atau blog yang baik bisa membuka seluruh halaman tanpa ada lingkaran berputar maksimal 3-5 detik.

Lebih dari itu ya tergantung apakah memang benar-benar aku butuhkan atau tidak, Kayak tidak ada sumber atau bacaan lain saja.

Sebenarnya cara mempercepat blog itu ada banyak, beberapa diantaranya adalah dengan :

  • Menggunakan hosting yang cepat, atau bisa pake VPS, contohnya VPS VULTR.
  • Kecilkan ukuran gambar. Bisa menggunakan bantuan dari aplikasi-aplikasi kompres gambar yang sudah banyak tersedia. Kalau di WordPress, aku menggunakan WP Smush It Pro.
  • Lebih baik menggunakan CDN. CDN (Content Delivery Network), layanan DNS pihak ketiga yang bisa mempercepat kecepatan akses blog mas dan mbaknya. Cara setting CDN Cloudflare.

Ini penilaian GTMetrix untuk blog aku :

2016-10-12-09_12_02

YSlow berkurang dari semalam karena tadi pagi ada plugin yang aku pasang untuk keperluan menyesuaikan dengan algoritma Google yang berubah.

#2. Banyak Iklan

Aku mengerti kalau sebuah website atau blog membutuhkan iklan untuk mendapatkan uang, sehingga mas dan mbaknya bisa menggunakan uang tersebut untuk membayar hosting atau lainnya.

Tetapi, saran jangan terlalu menggunakan banyak sekali iklan, terutama jenis iklan PPC dan Banner yang menutupi 1 layar. Ingin banget di klik?

Selain itu jangan menggunakan iklan popup dalam mendapatkan uang dari blog kalau bisa. Ganggu sekali.

Kalau mas dan mbaknya ingin memasang iklan di blog, bisa menggunakan iklan Adsense yang sedikit ramah untuk pengunjung.

Tata letaknya juga diperhatikan, jangan taruh di sembarang tempat atau meletakkan banyak sekali iklan Adsense.

Iklan Adsense disarankan dipasang 3 dalam 1 halaman. Jangan 10.

#3. Navigasi yang Buruk

Banyak dari pembaca blog mas dan mbaknya datang ke blog itu dari halaman internal, jadi kalau mas dan mbaknya tidak memasang navigasi yang baik, kemungkinan besar pembaca akan kabur.

Hal itulah yang menyebabkan bounce rate menjadi tinggi dan bisa menimbulkan bad user-experience. Bikin blog senyaman mungkin.

Bisa dengan menggunakan postingan yang terstruktur, saling terkait antar artikel dan desain yang tidak amburadul. Berikut cara yang biasa aku lakukan agar navigasi terlihat oke :

  • Menggunakan fasilitas related post untuk menambah bacaan bagi pengunjung blog.
  • Menambahkan artikel terbaru agar pengunjung bisa melihat artikel terbaru mas dan mbaknya.
  • Menu-menu tersusun rapi dan jelas. Tentu dengan isi yang berbobot seperti halaman kontak, halaman tentang kita, dan lainnya.

Mas dan mbaknya bisa langsung mencoba di blognya masing-masing, apakah navigasinya sudah berjalan semestinya atau tidak.

Perpindahan antar halaman sudah lancar atau masih ada yang perlu diperbaiki. Kalau masih ada, langsung rubah ke halaman yang semestinya dituju.

Cara lain :

  • Hindari penggunaan banyak widget di sidebar.
  • Setidaknya ada halaman ‘about’ atau ‘contact’ di atas.
  • Ada kotak subscribe di sidebar agar pengunjung blog mas dan mbaknya bisa mendapatkan artikel terbaru di email mereka.
  • Optimasikan blog ke dalam versi mobile. Kebanyakan sekarang pembaca blog membuka blog mas dan mbaknya dari ponsel.

Sudah mengerti blog yang baik itu yang seperti apa? Itu sih menurut aku pribadi. Tetapi mungkin dari mas dan mbaknya akan bilang kalau konten juga hal yang penting yang bisa bikin pembaca nyaman. Pasti sih kalau itu.

Sebelum masuk ke konten kalau dari segi tampilan atau kecepatan sudah tidak bisa ditoleransi ya kan tidak jadi membaca artikel tersebut. Benar? Salah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *